Tips Aman Belanja Menggunakan Jenius BTPN - Susiloblog

Sabtu, 31 Agustus 2019

Tips Aman Belanja Menggunakan Jenius BTPN

Susiloblog.com - Berita hari ini dihebohkan dengan terbobolnya rekening dari nasabah Jenius BTPN. Saya juga heran, kok bisa?. Untuk kasusnya sendiri saya kurang paham ya. Seharusnya kalau untuk belanja pasti lah meminta kode verifikasi. Tapi saya lebih curiga kalau yang dibobol itu m-card nya, bukan rekeningnya?. Kenapa bisa yakin begitu?. Karena m-card jenius BTPN itu sudah layaknya kartu kredit.

tips aman menggunakan jenius by btpn

Ya m-card atau ATM bawaan yang berwarna orange itu sudah mirip credit card, bisa buat belanja online hanya dengan nomor kartu ATM dan 3 nomor pengamanan di belakang kartu ATM.

Saya sendiri pengguna Jenius BTPN untuk belanja dan verifikasi paypal (bisa baca cara verifikasi paypal dengan jenius). Tapi saya tidak menggunakan m-card. Saya menggunakan x-card. Kenapa?. Karena m-card itu menyedot saldo utama rekening, sedangkan x-card itu harus ditop up tanpa menyedot saldo utama. (baca : Manfaat kartu x-card jenius)

Saya juga pernah mengalami kejadian mirip dengan nasabah yang kebobol saldonya, hanya saja tidak sampai kehilangan saldo (sebenarnya mirip tidak sih? :XD ). Miripnya gini, ketika itu siang hari saya mendapatkan notifikasi minta nomor verifikasi untuk belanja di Tokopedia senilai 1,9juta. Lah?. Padahal saya sendiri sedang keluar dan tidak pernah belanja. Kok bisa gitu?. Aneh memang. Tapi tidak masalah karena saya menggunakan x-Card jadi x-card hanya saya isi kalau sedang digunakan untuk belanja, kalau tidak, tidak pernah ada saldonya.

Saya yakin ini bukan kebobolan jeniusnya, mungkin salah satu situs belanja yang kebobolan. Karena belanja di aliexpress/lazada bahkan tidak memerlukan kode verifikasi pas belanja. Kalau situs lainya memerlukan 3D secure, ituloh kode pengaman yang dismskan ke nomor terdaftar.

Tips Aman Menggunakan Jenius BTPN

  1. Gunakan x-card/e-card
    Silakan kalian pesan x-card di menu card center. Karena selain aman, x-card tidak langsung memotong saldo. Mau belanja tapi tidak punya x-card?. Pake virtual card atau e-card saja.

    Selagi menunggu x-card datang. gunakan e-card
  2. Ganti Password dan PIN
  3. Jangan asal belanja online ditempat yang kurang aman

Ya menurut saya dengan cara begitu akan aman dari kebobolan lah.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Silakan berkomentar dengan sopan