Kekurangan Acer Swift 3 Day Edition di Mata Desain Grafis

Susiloblog.com - Kalau melihat judulnya pasti langsung mengira kalau saya ini seorang desain grafis :D . Bukan-bukan, saya bukan seorang desain grafis. Saya hanya orang yang sedikit bisa menggunakan software grafis (ya misal coreldraw, photoshop, illustrator). Ketika kemarin saya meminang laptop baru (karena laptop lama sepertinya sudah lumayan lemot buat aktifitas sehari-hari) yaitu acer swift 3 day edition yang core-i5 gen 8. Ternyata ada kekurangan yang menurutku mengganggu. Apa itu?. Keyboardnya. Ya nanti saya bahas kenapa kok di keyboardnya (anggap saja saya desainer  ya :D )

Kekurangan Acer Swift 3 Day Edition di Mata Desain Grafis

Saya memilih acer swift 3 day edition karena menurut saya direntang harga dibawah 10 juta, laptop ini adalah terbaik dikelasnya. Lihat saja spesifikasinya, Core i5 8th, layar Full HD IPS (ini nih yang kompetitor belum IPS, sebagai desainer pasti sangat terbantu dengan layar tipe ini daripada jenis TN), Fingerprint, Slot m.2 (kompetitor rata-rata tidak menyediakan slot ini, slot ini juga support intel optane), sayangnya RAM masih 4gb (tanam lagi, jadi gak bisa dicopot) untungnya disediakan slot RAM yang bisa diupgrade sampai 20Gb. Gimana?. Secara spesifikasi sudah lebih dari cukup untuk seorang desain grafis kan?.

Kekurangan selain RAM yang masih 4gb, laptop ini belum disertakan SSD (hari gini masih hardisk???.).

Setelah laptop sudah ditangan, langsung saya hidupkan (Laptop ini sudah terinstal windows 10 original ya. Jadi tidak perlu diinstal dengan windows bajakan) Setelah hidup dan diinstal aplikasi-aplikasi desain grafis (coreldraw, photoshop. illustrator) langsung saja saya gunakan untuk mendesain lewat coreldraw. Eh ternyata ada yang gak enak ketika digunakan buat mendesain (Emang gak parah sih, cuma mengganggu)

Misalnya gini ya, ketika saya ingin menggunakan shortcut CTRL+Pg Down saya tidak bisa langsung menekan CTRL+Pg Down, tetapi harus menekan lagi tombol FN. Ini juga ternjadi ketika saya ingin menekan CTRL+F2 juga harus sambil menekan FN. Ya menurut saya ribet saja sih meskipun tidak krusial.

Owh ya selain itu kadang hardisk suka bunyi kretek dan ternyata pembuangan udara panasnya keatas (saya kira tadinya kebelakang) jadi keyboard bagian atas suka panas.

Apakah saya menyesal beli ini laptop?. Tidak sama sekali karena menurut saya diharga 10 juta kebawah (ketika saya beli dapat harga 8,2juta) ini adalah lapto paling wort it dikelasnya. Sudah tipis, bahan aluminium dan ada fingerprint nya lagi. Menang banyak lah laptop ini dibanding kompetitor dikelasnya

Paling kedepanya supaya lebih powerfull lagi akan saya upgrade RAM dan SSD NVMe.
Read More

Cara Menghapus Nama Blog Di Depan Judul Ketika Di Share Ke Facebook

Susiloblog.com - Sejak beberapa hari yang lalu tepatnya setelah saya ganti template blog, kemudian saya membuat artikel agar google tidak curiga kalau saya ganti template. Kalau tidak seperti ini pasti pengunjung akan menurun drastis. Seperti biasanya setelah saya publish artikel saya share ke fanspage facebook saya. Ternyata ada yang aneh. Nama blog saya ada didepan judul artikel.

Menurut saya itu tidak enak dilihat, kenapa?. Selain judulnya jadi panjang, juga kelihatan tidak proffesional. Selain itu nama author juga tertera disana.

Cara Menghapus Nama Blog Di Depan Judul Ketika Di Share Ke Facebook

Bisa kalian lihat contohnya seperti gambar dibawah ini.

Cara Menghapus Nama Blog Di Depan Judul Ketika Di Share Ke Facebook

Gak enak dilihat kan?. Kalau saya sendiri yang mengetahui hasil share kaya gitu saja sudah malas mau membukanya, apalagi calon pembaca lainya.

Maka setelah saya browsing-browsing ternyata bisa kok dihilangkan.

Kita hanya perlu mengubah script dari open graph meta tag facebook yang ada ditemplate blog. Silakan kalian ikuti caranya

Cara Menghapus Nama Blog Didepan Judul Ketika Di share Ke Facebook


Jangan lupa backup terlebih dahulu template kalian ya. Ya anggap buat jaga-jaga siapa tahu kalian salah edit.

Langsung saja

1. Login ke akun blogger kalian

2. Pilih tema dan kemudian edit HTML

3. Cari script berikut ini dengan cara tekan kombinasi tombol pada keyboart "CTRL+F" Dan ketikkan

property='og:title'

4. Nanti akan terlihat ada dua script yang sama, ubah script yang seperti ini

<meta expr:content='data:blog.pageTitle' property='og:title'/>

5. Ubahlah pageTitle (yang saya blok Biru) dengan pageName

6. Jadi setelah diganti nanti akan seperti ini
<meta expr:content='data:blog.pageName' property='og:title'/>

8. Hapus juga script yang rel='publisher'/> dan rel='author'/> untuk menghilangkan nama author. Kalau kalian suka jika ada nama kalian ya jangan dihapus.

7. Selesai. Lihat perbedaanya

Cara Menghapus Nama Blog Di Depan Judul Ketika Di Share Ke Facebook
Sebelum

Cara Menghapus Nama Blog Di Depan Judul Ketika Di Share Ke Facebook
Sesudah

Owh ya cara ini tidak akan mengubah artikel yang sudah pernah diposting sebelumnya ya. Kalau ingin postingan sebelumnya berubah, hapus terlebih dahulu artikel yang pernah di share dan share ulanglah artikel tersebut.

Kalau tidak coba kalian buat artikel baru dan share ke facebook. Saya yakin sekarang nama blog sudah tidak ada di judul ketika dishare.
Read More

Cara Terbaru Cek Kurs Paypal Dollar Ke Rupiah

Susiloblog.com - Para pemain internet marketing siapa sih yang gak kenal dengan Paypal. Paypal adalah salah satu payment yang banyak digunakan untuk transaksi antar negara tanpa menggunakan kartu kredit, ya hanya daftar menggunakan email, mudah kan?. Pasti banyak yang bingung kok rate/kurs paypal beda dengan rate bank pada umumnya, cara cek kurs paypal dari dollar ke rupiah bagaimana?.

Cara Terbaru Cek Kurs Paypal Dollar Ke Rupiah

Emang rate paypal beda dengan rate bank, ya wajarlah jika memang beda. Kalau misal sama, mereka dapat untung darimana coba?. Yang jadi permasalahnya jika kita punya balance paypal dan ingin ditarik kerupiah jika ingin ditarik pas dollarnya menguat gimana?. Ya kita harus mengecek kurs tiap waktu dahulu.

Terus cara mengecek kurs paypal ke rupiah gimana?.

Cara Cek Rate Paypal Dollar Rupiah


Ya memang oleh paypal di sembunyikan, gak tahu kenapa. Tapi bukan berarti fitur kurs nya dihapus ya. Saya akan membagikan link yang mempermudah ke kurs paypal dari dollar ke rupiah, bukan hanya ke rupiah sih, bisa ke berbagai mata uang negara lainya.

Langsung saja kalian pergi ke konvertor kurs paypal

Jika sudah nanti akan tampil tampilan seperti ini
Kurs Paypal Ke Rupiah

Membandingkan Kurs Paypal Dengan Kurs Bank


Saya akan membandingkan kurs paypal dengan kurs bank pada umumnya. Silakan kalain lihat gambar dibawah ini untuk membandingkanya

Kurs Paypal
Kurs Paypal Ke Rupiah 2

Kurs BCA

Kurs Paypal Ke Rupiah 3

Kurs BNI

Kurs Paypal Ke Rupiah 4

Kurs BRI

Kurs Paypal Ke Rupiah 5

Kurs Mandiri

Kurs Paypal Ke Rupiah 6

Gimana?. Selisihnya sekitar cuma 500rupiah saja. Ya memang termasuk gede, kalau ingin seperti bank lokal mending balance jual sama orang yang membutuhkan balance paypal :)

Read More

5 Kendala Umum yang Kerap Jadi Tantangan Karyawan di Indonesia


Susiloblog.com - Di era milenial persaingan kerja semakin panas. Tidak hanya didukung oleh kemajuan teknologi, para pekerja milenial juga memiliki kapabilitas dan karakteristik yang cukup unik. Permasalahan umum kerap terjadi pada karyawan milenial dalam dunia kerja. Di antaranya seperti interaksi sosial, lingkungan kerja tidak nyaman, hingga masalah gaji atau upah. 

Tentunya, hal ini menjadi tugas dari HR (Human Resources) untuk membantu permasalahan karyawan. Divisi HR bertanggung jawab untuk mempertahankan kesejahteraan karyawan. Oleh karena itu, peran HR yang terbuka dan komunikatif, sangat diperlukan untuk membantu karyawan menyelesaikan masalah sehingga kinerja karyawan dapat meningkat dan berkembang dengan baik. Berikut 5 masalah umum karyawan yang kerap terjadi di Indonesia dan perlu Anda ketahui selaku divisi HR. 

Tidak merasa puas dengan upah yang diterima 


Ketika pembagian upah, terkadang karyawan merasa tidak puas dengan upah yang didapatkan karena melihat karyawan lain mendapat upah yang lebih tinggi. Oleh karena itu, HR perlu memastikan dan menghitung besaran gaji pokok, potongan, bonus, jam kerja dan lainnya sehingga karyawan puas dengan upah yang diterima. 

Masalah dengan rekan kerja atau atasan 


Perbedaan pendapat, budaya, dan kepribadian seringkali terjadi dalam dunia kerja. Terkadang karyawan merasa tidak cocok atau sependapat dengan rekan kerjanya atau dengan atasannya. Permasalahan tersebut harus diselesaikan dan disikapi dengan baik, tepat dan profesional agar masalah tersebut tidak membesar, mengganggu suasana kerja dan menurunkan produktivitas kerja. Maka perlu adanya sosialisasi antar sesama rekan kerja dan atasan sehingga dapat menciptakan suasana kerja yang harmonis. 

Merasa beban pekerjaan terlalu berat 


Pekerjaan yang dihadapi karyawan pada suatu titik terasa meningkat secara drastis dari sebelumnya. Karyawan mulai merasa kewalahan dengan pembagian waktu untuk beban pekerjaan yang harus dikerjakan. Lupa makan, tidur dan istirahat menjadi masalah utama disaat beban kerja yang menumpuk. Diskusi dengan manajer mengenai beban pekerjaan yang terlalu berat menjadi solusi agar dapat memaksimalkan waktu dan kinerja kerja dengan baik. 

Masalah pribadi 


Permasalahan pribadi seperti keuangan atau keluarga bisa mengganggu konsentrasi karyawan dalam bekerja. Maka, HR perlu memberikan waktu yang cukup untuk mendengar cerita dan mencari solusi untuk karyawan agar kualitas kerja karyawan tidak menurun. Dengan memberikan solusi, harapannya masalah pribadi yang dialami karyawan dapat terselesaikan dan karyawan dapat kembali bekerja dengan baik. 

Jaminan sosial karyawan belum maksimal 


Jaminan kerja seperti kesehatan, keselamatan, kecelakaan, hari tua dan lainnya di Indonesia belum terpenuhi secara maksimal. Masih banyak karyawan yang belum mengetahui hak dan kewajiban karyawan sehingga perlu diadakan sosialisasi tentang hal tersebut yang sudah ditetapkan oleh Undang – Undang. Pengawasan dan penegakan hukum perlu dilakukan agar karyawan merasa terjamin dan adil dalam bekerja. 

Peran dari HR menjadi kunci penyelesaian berbagai masalah yang dihadapi karyawan. Diperlukan juga software payroll gratis di Indonesia yang memudahkan dan membantu tugas dari HR. 

Platform LinovHR memiliki modul dan fitur yang mendukung tim HR bekerja efektif dan efisien. Meliputi sistem payroll, absensi, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, hingga perhitungan PPH 21 dan tunjangan maupun benefit. Tim HR akan lebih fokus mempertahankan kesejahteraan karyawan karena tugas HR yang berat seperti payroll telah terselesaikan secara otomatis. 

Tunggu apalagi, manfaatkan software payroll gratis di Indonesia untuk mengatasi segala permasalahan umum yang kerap menjadi tantangan karyawan perusahaan di Indonesia. 

Ayo Dapatkan Ujicoba Gratis LinovHR LinovHR tanpa dipungut biaya apa pun.
Read More

Solusi Error 15 File not found Remix OS

Susiloblog.com - Jika sebelumnya saya menulis Cara Instal Remix Os Dual Boot Android Dan Windows, tapi ternyata setelah remix os sering digunakan terjadi error saat booting. Errornya ada keterangan Error 15: File not found. Setelah saya mencari cari cara membenarkanya ternyata bisa dibenarkan tanpa perlu instal ulang remix os kembali. Seletah saya mengikuti tutorial yang ada di forum ternyata masih error dengan keterangan folder Remix OS Error Directory is not accsessible. Terus apakah bisa dibenarkan?. Bisa, ikuti tutorial dari saya.

Solusi Error 15 File not found Remix OS

Jika kalian mendapatkan Error 15: File not found Remix OS jangan panik, kalian tinggal ikuti cara seperti dibawah ini

Cara Fix Error 15 : File Not Found Remix OS


1. Masuklah ke OS windows

2. Masuk ke drive yang buat instal Remix OS

3. Bukalah folder RemixOS dan copy menu.lst

4. Pastekan ke drive tempat OS remixnya diinstal (intinya jangan di dalam folder).

5. Sekarang cobalah restart dan masuk ke RemixOS, saya jamin sudah benar.

Lah mas kok saya buka folder remixOS tidak bisa?. ada keterangan error Directory is not accsessible. Tenang saja, ikuti saja cara dibawah ini

Cara Fix Error 15 : File Not Found Remix OS

Solusi Folder Remix OS Error Directory is not accsessible


1. Masuk ke OS Windows

2. Carilah Command Prompt dan bukalah dengan Administrator

Solusi Folder Remix OS Error Directory is not accsessible

3. Selanjutnya ketikkan kode sebagai berikut. (Misal drive yang saya pakai buat instal remix OS ada di drive F) maka ketik
chkdsk f:/f
Selanjutnya tekan Enter

4. Nanti akan terjadi proses (cepat kok prosesnya). Jika sudah selesai tinggal close.

Solusi Folder Remix OS Error Directory is not accsessible

5. Silakan kembali ketutorial Fix Error 15 : File Not Found Remix OS diatas, saya jamin sekarang folder RemixOS sudah bisa dibuka.

Gimana?. Mudah kan?.
Read More

Cara Saya Biar Tidak Gaptek

Susiloblog.com - Orang kok gaptek. Gimana kalau kalian dikatakan seperti itu?. Sakit kan :D Memang gaptek itu apa?. Gaptek adalah sebuah singkatan dari Gagap Teknologi, atau jika dijabarkan gaptek itu adalah lemahnya seseorang dalam menggunakan produk-produk teknologi. Tau sendiri kan jika perkembangan teknologi sekarang ini semakin gila saja, kayaknya baru kemarin memori hp tertinggi 64Mb, sekarang sudah ada yang hampir 1Tb. woww


Tapi kalau sekarang ini gaptek lebih identik dengan tidak tahunya cara menggunakan handphone, laptop dan pengetahuan di bidang internet. 

Berikut ini cara saya mengatasi agar saya tidak gaptek

Cara Saya Supaya Tidak Gagap Teknologi


1. Pastikan kalian menggunakan smartphone. Ya namanya saja "smart"phone, pastinya handphone pintar. Buka hp yang hanya bunyi krik krik, pastikan punya yang sudah ber Android atau iPhone lah.

2. Harus punya kuota internet. Ya percuma jika smartphone kamu tidak ada internet, sama saja gak smart dong. Makanya harus ada fasilitas internet agar tahu berita-berita terupdate.

3. Baca blog tentang gadget atau teknologi terbaru (Kalau saya sih bacanya di blog teknologi Indra's Blog karena selalu up to date blognya. Ya menurut saya malah lebih cepat dibanding beritanya detik)

4. Jangan malu bertanya tentang teknologi ke orang terdekat, misalnya bertanya cara mengoperasikan aplikasi sederhana yang sering di pakai. Malu kan kalau aplikasi yang sehari-hari sering dipakai orang sampai kamu tidak tahu.

5. Jangan cepat puas dengan ilmu teknologi saat ini, seperti yang saya sebutkan diawal paragraf jika perkembangan teknologi sangat pesat. Memang kalian saat ini tidak gaptek, tapi jika kalian tidak mengikuti perkembangan teknologi ya suatu saat akan gaptek juga kan :D

Itulah cara saya agar saya tidak gaptek. Jadi sekarang apakah kalian masih gaptek??.
Read More

Cara Instal Remix Os Dual Boot Android Dan Windows

Susiloblog.com - Karena keponakan suka main game mobile legend di hp dan hpnya suka nge lag maka saya kepikiran untuk instal android saja di laptop, tadinya saya memakai emulator macam memu, nox, bluestacks, dan koplayer. Tapi ternyata menjalankan game diemulator malah makin lag (wajar lah spesifikasi laptop saya kurang). Setelah saya browsing-browsing untuk membuat dual boot android dengan windows ternyata munculah OS android yang diberi nama sama sang developernya Remix OS. Setelah tahu remix os, saya download remix os dan segera instal remix os di laptop saya.

Cara Instal Remix Os Dual Boot Android Dan Windows

Ada dua metode instal remix os yaitu instal remix os dengan flashdisk dan instal remix os di hardisk internal. Karena saya yakin dengan flashdisk juga akan lemot, jadi saya memilih dengan hardisk internal untuk melakukan dual boot dengan windows (santai cuma membutuhkan storage minimal 8 giga untuk instalnya kok, tapi saya sarankan mending 32 gb saja agar lebih lapang memorinya untuk instal game dan aplikasi-aplikasi android).

Cara Dual Boot Android Dengan Windows


Silakan kalian ikuti langkah-langkahnya dibawah ini, tapi sebelumnya siapkan dahulu syaratnya dan bahan-bahanya

Persiapan Instal Remix OS


  • Siapkan dahulu laptop
  • Pastikan laptop kalian intel bukan AMD (Kalau punya saya intel core i3)
  • Remix OS ini hanya bisa didual boot dengan windows 7, windows 8, windows 10. 
  • Buatlah sebuah partisi baru, tidak usah gede gede, cukup 16Gb (kalau saya 32gb), gunanya untuk diinstal remix os nya. Saya sarankan menggunakan EASUS Partition master saja biar lebih mudah.
  • Bagi pengguna BIOS UEFI harap disable terlebih dahulu secure boot, jika tidak maka tidak akan bisa di instal


Download Remix OS for PC


Saya sudah upload ulang remix os di google drive saya ya, jadi kalian tidak perlu download di situs resminya yang menurut saya suka down. Owh ya remix os ini berbasis android marshmallow dan berformat 64 bit. Silakan kalian download rmix os for pc disini

Cara Instal Remix OS di Hardisk Internal


1. Silakan kalian ekstrak terlebih dahulu remix os for PC yang telah kalian download tadi.

2. Setelah di extraks, selanjutnya bukalah file dengan klik dua kali pada Remix_OS_for_PC_Installation_Tool.

Cara Instal Remix Os Dual Boot Android Dan Windows 2

3. Kemudian pilihlah file ISO yang ada didalam folder Remix OS dan pada bagian Hardisk pilihlah drive yang sudah kalian buat tadi, misalnya setelah dibuat partisi muncul Drive G maka pilihlah Drive G

4. Tekan OK nanti akan menginstal Remix OS di partisi hardisk yang kalian buat tadi (prosesnya cepet banget kok).

Cara Instal Remix Os Dual Boot Android Dan Windows 3

5. Setelah selesai reboot saja. Maka selesailah proses instal dual boot android dengan windows di laptop kalian.

Setelah booting nanti akan ada dua pilihan yaitu windows dan Remix OS. Pilihlah Remix OS

Cara Instal Remix Os Dual Boot Android Dan Windows 4

Tinggal kalian setting remix os, settinganya gampang kok, ya mirip pas setting handphone android baru lah. Namanya saja OS android ya mirip hp android :D

Cara Instal Remix Os Dual Boot Android Dan Windows 5

Selamat sekarang laptop kalian sudah terinstal android (remix os), silakan download game atau aplikasi di playstore kalian
Read More

Cara Mengkoneksikan Laptop ke Wifi Flashzone-Seamless

Susiloblog.com - Jika dulu saya pernah membahas Cara Mengkoneksikan Akun Indihome di seamless@wifi.id, kali ini saya akan membagikan tutorial bagaimana sih caranya mengkoneksikan laptop di jaringan wifi flashzone-seamless. Ya jika kalian langsung mengkoneksikan dijaringan flashzone-seamless tanpa adanya setting terlebih dahulu pastilah tidak bisa karena memang flashzone-seamless dibuat untuk device smartphone. Lalu apakah bisa wifi flashzone-seamless dikoneksikan?. Bisa kalau kalian mengikuti tutorial saya. (santai nanti saya juga akan bagikan akun nya GRATIS)


Keunggulan dari wifi flashzone-seamless yaitu wifi ini lebih cepat dibandingkan dengan jaringan @wifi.id, selain itu sekali jaringan ini terhubung maka akan terhubung tanpa meminta login kembali (enak kan, tidak seperti @wifi.id yang selalu minta login).

Cara ini bisa digunakan di windows 7 maupun windows 10 ya. Intinya settinganya sama lah

Langsung saja ya karena saya lagi males berbasa-basi

Cara Menyambungkan Laptop Ke Flashzone-seamless


1. Untuk windows 7 tekan icon jaringan di kanan bawah (yang biasanya buat munculin daftar wifi). Selanjutnya tekan Open Network and Sharing Center. Atau jika kalian pengguna windows 10 kalian masuklah ke Control Panel lalu pilih Network and Internet

Cara Menyambungkan Laptop Ke Flashzone-seamless

Cara Menyambungkan Laptop Ke Flashzone-seamless 2

2. Pilih Network and Sharing Center

Cara Menyambungkan Laptop Ke Flashzone-seamless 3

3. Kemudian pilihlah Manage wireless networks

Cara Menyambungkan Laptop Ke Flashzone-seamless 4

4. Nanti akan terbuka tampilan seperti ini dan tekan Add

Cara Menyambungkan Laptop Ke Flashzone-seamless 5

5. Selanjutnya pilih Manually Create a network profile

Cara Menyambungkan Laptop Ke Flashzone-seamless 6

6. Isikan datanya seperti ini

Network name = flashzone-seamless
Security type = WPA2 -Enterprise

Cara Menyambungkan Laptop Ke Flashzone-seamless 7

lalu tekan Next

7. Selanjutnya akan muncul pop up pengaturan seperti ini, tekan Change Connection Settings

Cara Menyambungkan Laptop Ke Flashzone-seamless 8

8. Tekan tab Security

Cara Menyambungkan Laptop Ke Flashzone-seamless 9

9. Pilih Settings

Cara Menyambungkan Laptop Ke Flashzone-seamless 10

10. Hilangkan centang di Validate server certifikate

Cara Menyambungkan Laptop Ke Flashzone-seamless 11

Lalu tekan OK

11. Tekan pada Advanced Settings

Cara Menyambungkan Laptop Ke Flashzone-seamless 12

12. Beri centang pada Specify authentication mode dan pada pilihan pilihlah User Authentication

Cara Menyambungkan Laptop Ke Flashzone-seamless 13

13. Tekan OK

Cara Menyambungkan Laptop Ke Flashzone-seamless 14

14. Tekan close

Cara Menyambungkan Laptop Ke Flashzone-seamless 15

15. Sekarang cobalah koneksikan laptop/komputer ke jaringan flashzone-seamless lalu masukkan akun yang sudah kalian punya.

Cara Menyambungkan Laptop Ke Flashzone-seamless 16

16. Selamat sekarang laptop kalian sudah terhubung ke jaringan flashzone-seamless

Cara Menyambungkan Laptop Ke Flashzone-seamless 17

Gimana?. Mudah kan?.

Owh ya untuk mendapatkan akun gratis kalian masuk saja ke group facebook Pengguna Wifi.id Gratis Indonesia
Read More