Cara Mengkompres Foto dan PDF Untuk Syarat Pendaftaran CPNS - Susiloblog

Selasa, 12 November 2019

Cara Mengkompres Foto dan PDF Untuk Syarat Pendaftaran CPNS

Susiloblog.com - Seperti kita ketahui bersama, pendaftaran CPNS sudah dibuka kembali bulan ini. Masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, banyak dokumen berformat digital yang harus diunggah ke situs CPNS.

Kalau kita perhatikan syarat dokumen digital seperti yang dilansir dari situs SSCN Badan Kepegawaian Negara (BKN) ada beberapa tipe file yang wajib di upload. Masalahnya yang sering menjadi kendala disini, ukuran foto yang harus diupload ukuran maksimal tidak boleh lebih dari 200 Kb, scan surat lamaran yang berformat PDF maksimal 300 Kb, dan scan ijazah yang juga berformat PDF juga ukuran maksimal 800 Kb.

Cara Mengkompres Foto dan PDF Untuk Syarat Pendaftaran CPNS

Mungkin kalian kalian sudah memiliki hasil dari scan yang dibutuhkan, tapi ukuranya belum sesuai dengan ketentuan BKN. Kalian jangan khawatir, saya akan memberikan cara bagaimana sih mengompres file Foto dan Juga PDF supaya memenuhi ketentuan pendaftaran CPNS. Tenang cara ini bisa dilakukan menggunakan smartphone / HP atau juga bisa dengan laptop, asalkan kalian mempunyai internet.

Cara Kompres Foto


Mengkompres foto secara online adalah pilihan yang paling mudah karena kalian tidak perlu lagi menginstal aplikasi di hp atau laptop.

Untuk mengkompres foto secara online silakan kalian buka situs imagecompressor melalui browser kalian.

Pilih Unggah File, dan pilihlah foto yang akan kalian kompres.

Kalian bisa mengkompres foto hingga 20 foto sekaligus. Tuggulah beberapa saat hinggal proses unggah dan kompres selesai.

Setelah proses kompres selesai, silakan kalian download foto yang sudah terkompres tadi.

Lah kok ukuranya masih belum sesuai ketentuan?. Tenang, kalian bisa scroll kebawah dan ubah level kompresnya agar sesuai ketentuan.

Nanti kalian akan melihat dua versi foto yaitu foto asli dan foto yang sudah terkompres. Disebelahnya terlihat slider indikator kualitas yang bisa kalian naik turunkan sesuai keinginan.

Turunkan slider sampai dibagian pratinjau foto lebih kecil dari 200 Kb.

Kalau sudah sesuai ketentuan silakan download foto yang sudah terkompres tadi.

Cara Kompres PDF


Untuk mengkompres PDF silakan kalian kunjungi iLovePDF. Setelah itu klik Pilih File PDF, silakan pilih PDF yang ingin kalian kompres.

Nanti akan ada 3 opsi yaitu kompress ekstrem, kompres yang disarankan, dan kompres rendah.

Silakan pilih salah satu, saran saya sih pilih dari kompres terendah dulu. Kalau ukuran filenya masih besar tinggal pilih kompres yang disarankan, kalau masih juga belum sesuai ketentuan pilihlah kompres ekstrem.

Setelah memilih opsi, klik Kompres PDF. TUnggu proses kompres sampai selesai. Nanti file yang telah terkompres secara otomatis akan terdownload otomatis ke hp/laptop kalian.

Cara Mengubah Word ke PDF


Sebenarnya jika kalian menggunakan microsoft word sudah ada pilihanya untuk menyimpan langsung ke bentuk PDF.

Tapi kalau kalau kalian tidak punya microsoft word, bisa kok mengubahnya secara online. Silakan kalian kunjungai smallpdf.

Pilihlah opsi Word to PDF kemudian klik Choose File dan pilih file yang akan diubah.

Cara Scan Dokumen


Dokumen yang diperlukan untuk daftar CPNS haruslah berupa digital. Tidak punya scanner?. Atau scan di tempat scaneran mahal?. Kalian bisa memanfaatkan smartphone kalian untuk menscan dokumen kalian.

Tenang hasilnya bisa menyaingi hasil dari scanner kok.

Aplikasi yang saya sarankan adalah CamScanner. Silakan kalian download di Google Play ataupun Apps Store.

Gimana?. Untuk bisa memenuhi persyaratan daftar CPNS ternyata bisa dilakukan dengan smartphone kalian kan?. Silakan mencoba

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Silakan berkomentar dengan sopan