Tutorial Dasar Microsoft Office Harus di Pelajari

Daftar Isi [Show]


Di sini Anda bakal memulai mempelajari tutorial MS Office bersama dengan penjelasan per menu Bar dan icon-icon yang tersedia di dalamnya. Dimulai berasal dari menu Home yang berisi tehnik basic mengetik di microsoft word, sampai pada menu Insert dan Page Layout. Hanya saja kami tidak menjelaskan seluruh menunya, seperti references dan sebagainya dikarenakan beberapa jarang digunakan, bahkan kalau cuma untuk mengerjakan tugas mudah yang tidak butuh pengaturan khusus.

a. Home




Bagian Home adalah menu yang paling pertama dan paling dulu aktif waktu kami pertama kali terhubung Microsoft Word, supaya anggota ini pula yang menjadi anggota paling penting didalam studi MS Word. Jadi tanpa diapa-apakan segera terbuka. Fungsi menunya pun merupakan yang paling banyak digunakan untuk target pengetikan standar, seperti merubah font, ukuran tulisan, warna, mempertebal tulisan, mengatur posisi paragraf dan lain sebagainya. Berikut penjelasannya:


  1. Cara Mengganti Font / Jenis Tulisan : Pada gambar pertama di atas memperhatikan lingkaran yang ditandai bersama dengan angka 1. Nah, lumayan klik tanda seperti ujung anak panah di sampingnya biar seluruh jenisnya segera tampak. Tapi sebelum akan itu, blok dulu kata, kalimat atau paragraf yang bakal dirubah style hurufnya supaya tools ini dapat bekerja. Cara memblok tulisan adalah bersama dengan langkah klik di samping tulisan yang bakal diblok lalu tekan dan tarik sampai akhir kata yang bakal dipilih, setelah itu baru merasa mengganti fontnya.
  2. Cara mempertebal (bold), memiringkan (italic) dan memberi baris bawah pada kata (underline) – Tutorial MS Word ini dilakukan untuk memperjelas atau memberi tanda pada kata penting. Caranya blok dulu tulisannya lalu pakai tools yang tersedia di didalam lingkaran yang ditandai bersama dengan angka 2.
  3. Memberi angka atau huruf pada daftar spesifik – Misalnya saja kamu rela buat resep masakan dan menunya terdiri berasal dari bermacam bahan, maka supaya listnya diberi angka atau huruf di awalannya maka langkah ini digunakan. Adapun caranya adalah bersama dengan memblok seluruh kalimatnya lalu pada lingkaran yang ditandai bersama dengan angka 3 di atas tinggal pilih dan klik style bullet plus numbering-nya.
  4. Cara Mengatur posisi paragraf – Kalau kamu rela menulis tulisannya rata kiri, kanan, tengah atau rata seluruh kiri dan kanan maka anggota pada lingkaran no 4 di atas yang digunakan. Caranya simple sekali, klik sekali saja pada paragraf atau kalimatnya lalu pakai salah satu tools didalam lingkaran no 4 tersebut. Biasanya kalau sebabkan judul dipilih yang ‘center’ biar lebih menarik.


b. Insert


Menu Insert fungsinya untuk memasukkan data atau pengaturan didalam ketikan dan yang paling umum seperti langkah sebabkan tabel, meningkatkan gambar, grafik, bermacam wujud gambar kotak, lingkaran dll, memberi link didalam tulisan, mengimbuhkan catatan kaki dan header atau cop pada surat, dan sebagainya yang sepenuhnya penting dilakukan untuk melengkapi tulisan yang kami buat melalui MS Office. Untuk laksanakan seluruh langkah di bawah maka kamu mesti laksanakan langkah ini : Klik Insert >> lalu klik Icon yang disebutkan di bawah.


  1. Bikin Tabel – Untuk dapat sebabkan tabel maka memperhatikan pada gambar ke dua di atas yang diberi angka 1. Cukup klik lalu tarik ke samping kanan untuk meningkatkan kuantitas kolomnya dan tarik ke bawah untuk meningkatkan baris tabelnya.
  2. Memasukkan gambar – Sebenarnya bersama dengan langkah copy-paste saja bisa, tapi kalau rela yang cocok prosedur lumayan klik pada icon no 2 di atas.
  3. Clip Art – Yang ditandai angka 3 di atas. Gunanya untuk memasukkan tempat apa saja, bukan cuma gambar, video dan file lainnya.
  4. Shapes (nomor 4) – Ikon ini digunakan untuk kepentingan sebabkan bermacam gambar basic berupa kotak, linkaran, setengha lingkaran, bintang dan lainnya. Caranya lumayan klik saja maka otomasis kursor yang digerakkan bakal membentuk gambar tersebut. Adapun ukurannya mengatur bersama dengan tarikan kursornya.
  5. Cara sebabkan grafik – Dalam studi MS Word, sebabkan grafik adalah salah satu tutorial penting dikarenakan kerap digunakan untuk penulisan data, seperti data penjualan, karyawan dan sebagainya. Toolsnya tersedia pada angka 5 di gambar ke-2 di atas. Caranya lumayan klik lalu pilih modelnya dan terakhir klik ‘Ok’. Adapun pengaturannya bakal dijelaskan lebih lengkap didalam halaman lain.
  6. Cara Memberi Link Pada Tulisan di MS Office – Hyperlink yang ditandai bersama dengan no 6 di atas digunakan kalau didalam artikelnya idamkan diberi link situs yang dikala diklik bakal segera masuk ke webnya selama komputernya tersembung bersama dengan internet.
  7. Bikin Header, Footer dan Menambah Nomor Halaman – Kalau buat kop surat baiknya jangan manual tapi pakai icon ini. Pada gambar bersama dengan tanda no. 7 klik tulisan ‘Header’ untuk merasa meningkatkan kolom spesifik di atas ms office yang kamu gunakan. Tapi waktu diklik bakal tersedia beberapa pilihan, seperti posisi tengah atas, samping dan bawah atau yang dipojok kiri atas dan bawah. Demikian termasuk pada Footer / Catatan Kaki dan untuk memberi no halaman file kerja microsoft wordnya.
  8. Symbol (no. 8) adalah untuk mengimbuhkan simbol kecil waktu mengetik, apakah itu berupa gambar unik, tanda, atau pun huruf spesifik yang tidak tersedia didalam style font yang disediakan. Caranya lumayan klik lalu pilih yang cocok yang kamu cari.


c. Page Layout


Pada menu Page Layout ini kamu tidak kembali berurusan soal studi MS Word pada tehnik penulisannya, tapi udah masuk ke pengaturan hasil ketikanmu. Beberapa yang dilakukan adalah pilih margin (batas pinggir pengetikan di atas, samping dan bawah), mengatur spasi, wujud lembaran apakah memanjang atau melebar, pilih ukuran kertas, dan termasuk kolom tulisan apakah cuma 1 kolom atau dibikin seperti suratkbar dan tetap banyak lagi.


  1. Margins – Untuk mengatur lebar batas tulisan di atas, samping kiri dan kanan serta bawah. Maksudnya kami mengatur supaya pengetikan berhenti sampai pada garis yang ditentukan dan supaya terlihat rapi. Caranya, klik pada icon bersama dengan tanda no 1 di atas lalu atur angkanya cocok selera.
  2. Orientation – Ini untuk mengatur wujud penulisannya apakah melebar atau memanjang ke bawah. Ini termasuk bakal bermanfaat untuk mengatur hasil print ketikanmu di microsoft office yang mana tampilan tulisannya apakah melebar atau memanjang pada kertas HVS yang digunakan untuk mencetak. Caranya lumayan klik dan pilih salah satunya.
  3. Size – Cara mengatur ukuran kertas apakah HVS (A4) atau Folio, Letter atau Legal adalah bersama dengan pakai icon didalam insert yang no 3 di atas. Biasanya untuk tugas sekolah seperti sebabkan makalah digunakan A4 atau Letter.
  4. Columns – Funsi icon Columns ini adalah untuk sebabkan tulisannya berkolom-kolom seperti seperti tulisan surat kabar. Jika tidak idamkan pakai ini maka tidak usah diklik dikarenakan otomatis tiap tiap halaman di ms word segera didalam wujud 1 kolom.
  5. Indent – Untuk Mengatur posisi paragraf apakah agak masuk atau dibikin tepat pada marginnya maka icon bersama dengan tanda nagka 5 ini yang digunakan. Tinggal cobalah atur bersama dengan merubah angka pada Left dan Right-nya.
  6. Spacing – Cara mengatur spasi tulisan berasal dari ketikan adalah bersama dengan pakai tool angka 6 di gambar ke tiga di atas. Before artinya spasi sebelum akan paragrafnya dan After adalah setelahnya. 


Mengenai Menu Bar yang lain seperti, References, Mailings, Review, View, Add-Ins, dan Acrobat dapat dibilang jarang digunakan untuk target pengetikan dasar, kalau untuk target tertentu, seperti memahami kuantitas cii-ciri pada menu Review >> Word Count atau Add-Ins untuk pakai aplikasi yang diinstall ke dalamnya seperti Al-Qur’an in Word dan sebagainya.

Cara Membuat Daftar Isi di MS Word


Jika kamu buat makalah atau tugas sekolah maka kerap sekali menampilkan daftar mengisi di dalamnya kan. Nah kamu kan kerap liat tersedia titik-titik sebelum akan angkanya? Kalau dapat jangan dibikin manual tapi secara otomatis aja, biar lebih rapi.

Cara ini dilakukan kalau apabila seluruh halaman udah siap dan judul berasal dari tiap tiap bab dan pembahasannya udah ditambahkan pada tiap halaman. Karena kalau tidak maka langkah ini tidak dapat berjalan.


  1. Pertama pada tiap halaman atur dulu style Heading-nya, apakah pakai Heading 1, 2, atau 3. (Lihat di anggota menu Home).
  2. Selanjutnya pada halaman spesifik daftar isinya termasuk diatur Headingnya cocok di tiap halaman.
  3. Berikan termasuk halaman pada tiap halamannya melalui “Insert” >> “Page Number”
  4. Berikutnya klik menu “References” lalu “Table of Contents”
  5. Plilih “Automatic Table 1” atau 2 maka secara otomatis bakal segera terlihat titik-titik bersama dengan angka dibelakangnya.


Cara Membuat Tabel di MS Word


Hanya tersedia beberapa langkah untuk sebabkan tabel yang disertai bersama dengan kolom dan baris yang dapat kami atur sendiri jumlahnya. Sebenarnya udah disinggung di atas, cuma saja di sini dibikin lebih lengkap penjelasannya biar lebih mudah dipahami. Berikut langkahnya (ikuti berdasarkan nomor) :


  1. Klik menu Insert
  2. Klik ‘Table” yang tersedia di kronologis ke 4 berasal dari deretan icon yang ada.
  3. Goyangkan atau lewatkan mouse di atas kotak-kotak kecil yang terlihat untuk mengatur kuantitas kolom dan barisnya. Dan kalau udah pas, tinggal klik sekali.
  4. Setelah tabel terlihat tinggal atur lebar kolom dan barisnya bersama dengan langkah arahkan kursor pada anggota atas garis persis sampai terlihat tanda panah yang slaing bertolak belakang (jika belum usahakan sampai kursor persis berada di atas baris). Jika udah segera klik dan tahan lalu tukar sesukamu.
  5. Jika udah diatur lebarnya, tinggal merasa menulis bersama dengan lumayan klik sekali didalam kolomnya. Mudah kan?


Sudah dulu ya… Tutorial – Belajar MS Word (Cara Mengetik, Membuat Daftar Isi, Tabel dan lain2) ini. Kalau tersedia arahan dan kritik silahkan berkomentar, dan kalau tersedia yang kurang dipahami silahkan ajukan pertanyaan, kalau bukan kami yang jawab tentu tersedia salah satu pengunjung yang dapat bantu cari solusinya. Yang jelas… tutorial MS Office ini di sajikan untuk seluruh pemula yang baru pertama kali pakai komputer.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar