Cara Membuat Dartar Isi Secara Otomatis MS Word

Daftar Isi [Show]
Cara membuat daftar isi otomatis pada word, mungkin bagi kalian yang jarang sekali mengetik masih banyak yang bingung atau bertanya-tanya tentang bagaimana sih cara membuat daftar isi yang baik dan bisa rapi untuk makalah?. Bagi para pemula yang mau menulis tugas akhir atau skripsi atau pun dokumen lain yang membutuhkan daftar isi pasti banyak yang menulis daftar isi masih secara manual, maksudnya masih mengetikan titik-titik lurus dengan menekan titik di keyboard secara berulang. Nah Kali ini di artikel ini saya akan memberikan satu cara untuk membuat daftar isi secara otomatis, maksudnya sudah tidak perlu ketik titik secara manual lagi, tetapi cukup dengan menekan TAB keyboard dan titik-titik tersebut akan rapi dengan sendirinya.


Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Untuk membuat daftar isi secara otomatis dan mudah silakan kalian ikuti langkah-langkah berikut ini. Supaya lebih memudahkan dalam memahami apa yang mau saya utarakan, saya melengkapinya dengan gambar. Caranya seperti berikut ini

1. Klik dua kali (double klik) pada penggaris/ruler. Jika sudah di klik nanti akan muncul simbol seperti huruf "L"
Cara Membuat Dartar Isi Secara Otomatis MS Word

2. Setelah di double klik nanti akan muncul kotak dialog seperti gambar dibawah ini. Pilih saja Left dan pilih jenis titik yang kalian inginkan.
Cara Membuat Dartar Isi Secara Otomatis MS Word

3. Kemudian jika sudah, buat simbol "L" lagi seperti pada langkah pertama. Jika sudah nanti akan muncul dua simbol "L" pada ruler. Double klik lagi pada tanda yang baru. Nanti juga akan muncul kotak dialog seperti gambar dibawah ini. Kalau sekarang pilih Right dan pilih model None
Cara Membuat Dartar Isi Secara Otomatis MS Word

4. Selanjutnya setelah langkah ketiga tadi, maka simbol "L" akan berubah berbalik arah. Kemudian atur posisi keduanya sehingga berubah seperti gambar dibawah ini (lihat yang saya beri tanda merah)
Cara Membuat Dartar Isi Secara Otomatis MS Word

5.Jika sudah, untuk membuat daftar isi secara otomatis sangat mudah. Cukup dengan menekan TAB pada keyboard nanti pasti muncul titik-titik lurus yang rapi. Sekarang silakan kalian praktik membuat daftar isi sesuai keinginan kalian. Ini contoh daftar isi dari saya
Cara Membuat Dartar Isi Secara Otomatis MS Word

Untuk langkah-langkah nomor 2 dan nomor 3 bisa dibolak-balik ya. Yang terpenting simbol "L" bisa saling berhadapan seperti gambar diatas.

Semoga artikel cara membuat daftar isi secara otomatis tersebut berguna bagi kalian.Selamat mencoba
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar