Skip to main content

Cara Instal Windows 7, 8, Dan 10 Secara Detail (Instal Ulang Laptop)

Kali ini saya akan membagikan tutorial cara instal windows 7, cara ini juga bisa digunakan untuk instal windows 8, 8.1, 10 karena secara umum instal os windows semua sama. Saya sendiri suka windows 7 karena simple, sebenarnya sudah nyoba instal windows 8 sampai windows 10. tapi selalu balik lagi ke windows 7. Windows 8-10 terlalu memakan quota. 

Untuk cara instal windows, hal pertama pastinya kalian harus punya DVD boot ataupun flasdisk yang sudah dibuat boot, saya sendiri memakai software furus untuk membuat boot dari flasdisk. saya anggap kalian sudah tahu cara membuat boot ya, kalau belum bisa browsing atau tanya ke saya.

Oke langsung saja saya mulai tutorialnya, masukkan Windows 7 DVD / USB dan boot. Untuk boot dari pc atau laptop melalui flasdisk atau dvd, kalian harus menekan tombol tertentu sesegera setelah komputer anda di hidupkan untuk mengakses menu boot (biasanya f2), setelah masuk menu boot, ubah pilihan teratas dari usb atau dari dvd. Atau kalau tidak kalian bisa tekan f12 lalu pilih boot dari flasdisk. 

Ingat!! backup semua file sebelum menginstal Windows.

setelah anda bisa boot dari flasdisk, kira-kira begini tampilan pertama





Pilih bahasa, waktu, dan jenis keyboard, lalu next



Klik instal now



Centang I accept the license terms lalu next



Pilih upgrade jika ingin upgrade windows kalian, jika ingin instal yang baru pilih custom (advanced). ditutorial ini saya akan pilih yang kedua



Pilih partisi yang ingin diinstal windowsnya (karena ini laptop baru jadi cuma ada 1 partisi saja). langsung tekan next



Tunggu proses sampai selesai











Jika proses telah selesai, biasanya komputer akan restart








Setelah restart untuk pertama kalinya, ia akan terus setup. Ini adalah langkah terakhir sehingga akan mengambil waktu yang paling dari langkah-langkah sebelumnya.



Sekarang akan otomatis restart lagi dan melanjutkan setup. Kalian dapat klik Restart sekarang untuk me-restart tanpa penundaan.










Ketik username yang diinginkan dalam teks-kotak Anda dan klik Next. Maka secara otomatis akan mengisi nama komputer.



Jika Anda ingin mengatur sandi, ketik dalam teks-kotak dan klik Next.



Ketik kunci produk kalian dalam teks-kotak dan klik Next. Kalian juga dapat melewatkan langkah ini dan cukup klik Next jika Anda ingin mengetik kunci produk nanti. Windows akan berjalan hanya selama 30 hari jika Anda melakukan itu.



Pilih yang recomended saja



Tentukan waktunya



Pilih home network jika hanya digunakan dirumah













Dan sudah selesai proses instal windowsnya
Aturan Berkomentar: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar