Solusi API Key Token Tidak Valid Kartu Prakerja

Daftar Isi [Show]

Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya menggunakan kartu prakerja, ya saya daftar kartu prakerja niat awal untuk iseng-iseng saja. Anggap saja seperti beli undian berhadiah lah, karena kalau baca-baca artikel dan melihat komentar-komentar yang ada, tidak ada syarat pasti agar keterima kartu prakerja. Jadi sistemnya random ya. Aneh memang sistem prakerja ini. Saya saja keterima pas ikut gelombang ke-4. Gelombang-gelombang sebelumnya selalu gagal.

Setelah saya keterima kartu prakerja, ternyata diwajibkan untuk mengikuti pelatihan. Tapi sebelum mengikuti pelatihan prakerja, tunggu dulu sampai ada saldo dikartu prakerja ya, saldo yang diberikan pas pertama kali yaitu 1 juta. Saldo ini tidak bisa ditarik atau di cairkan ya, saldo ini hanya bisa buat beli pelatihan

Solusi API Key Token Tidak Valid Kartu Prakerja

Lah buat apa pelatihan tersebut?. Pelatihan tersebut digunakan untuk mendapatkan sertifikat. Sertifikat inilah yang diwajibkan untuk mendapatkan Dana insentif. Berbeda dengan saldo prakerja yang hanya bisa buat beli pelatihan, dana insentif ini bisa dicairkan. Kalau tidak salah sebesar 600 ribu selama 4 bulan. Jadi totalnya 2,5juta, lumayan kan?. Anggap aja bonus.

Pas pertama kali saya ingin beli pelatihan disalah satu mitra yaitu Pijar (banyak sekali mitra prakerja untuk beli pelatihan, misalnya Kemnaker, Pijar, Tokopedia, Maubelajarapa, Bukalapak, Piteria, dan sekolahmu), kebetulan saya memilih Pijar.

Sebelum membeli pelatihan diwajibkan daftar dulu akun di Pijar. Setelah daftar dan memilih pelatihan, ketika mau bayar kan suruh memasukkan nomor kartu prakerja, saya masukkanlah nomor kartu prakerja saya. Kok ketika tekan Kirim OTP ada keterangan "API Key Token tidak valid". Saya coba berulang kali tetap saja tidak bisa.



Saya anggap mungkin sistemnya sedang down, tahu sendiri lah server pemerintah bagaimana. Setelah beberapa hari saya mencoba kembali beli di Pijar, tetap saja tidak bisa dan masih dengan keterangan yang sama. Saya merasa aneh, kok tidak bisa ya.

Saya berfikiran, mungkin kalau beli di Ruangguru akan mudah, tahu sendiri lah CEO Ruangguru pernah viral masalah Kartu Prakerja. Setelah saya mencoba beli di Ruangguru (Skillacademy), benarsaja, BISA. Wah wah wah

Solusi API Key Token Tidak Valid Prakerja

Buat yang masih kesulitan bagaimana beli pelatihan menggunakan Kartu Prakerja, silakan ikuti cara saya seperti dibawah ini

  1. Silakan login ke Prakerja, silakan pilih Tokopedia. Bisa juga langsung ke situs Tokopedia dan ketikkan "Prakerja" dikolom pencarian

  2. Pilihlah kategori pelatihan sesuai minat kalian, kalau saya pilih Finansial

  3. Selanjutnya pilih SkillAcademy

  4. Pilih kelas yang akan kalian beli, kalau saya memilih kelas dengan judul Sukses Mengelola Keuangan UMKM

  5. Selanjutnya masukkan Nomor Kartu prakerjanya, saya sarankan ketik manual ya, jangan Copy Paste.

  6. Nanti disuruh memasukkan kode verifikasi yang disms ke nomor kita

  7. Setelah memasukkan kode verifikasi, nanti akan ada pemberitahuan kalau kita berhasil membeli kelas pelatihan

  8. Bukalah email yang terdaftar di akun tokopedia, nanti akan dikirim Kode Voucher untuk ditukar di akun Skillacademy. Copykan Kode Voucher tersebut

  9. Buka situs skillacademy dan daftar/masuk. Kalau belum punya akun silakan daftar, kalau sudah punya akun diskillacademy silakan masuk.


  10. Tekan Tukarkan

  11. Masukkan Kode Voucher yang dikirim diemail tadi

  12. Nanti akan ada keterangan berhasil menggunakan kode voucher

  13. Selamat sekarang kalian sudah bisa beli pelatihan

Selesaikan dulu pelatihan yang ada diskillacademy, dipelatihan kita wajib mengikuti webinar ya. Webinar dilakukan melalu aplikasi zoom. Nanti saya akan bagikan pengalaman saya mengikuti webinar diartikel selanjutnya.

Itulah cara mengatasi API Key Token tidak valid Prakerja

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar