5 Kendala Umum yang Kerap Jadi Tantangan Karyawan di Indonesia - Susiloblog

Rabu, 12 Desember 2018

5 Kendala Umum yang Kerap Jadi Tantangan Karyawan di Indonesia


Susiloblog.com - Di era milenial persaingan kerja semakin panas. Tidak hanya didukung oleh kemajuan teknologi, para pekerja milenial juga memiliki kapabilitas dan karakteristik yang cukup unik. Permasalahan umum kerap terjadi pada karyawan milenial dalam dunia kerja. Di antaranya seperti interaksi sosial, lingkungan kerja tidak nyaman, hingga masalah gaji atau upah. 

Tentunya, hal ini menjadi tugas dari HR (Human Resources) untuk membantu permasalahan karyawan. Divisi HR bertanggung jawab untuk mempertahankan kesejahteraan karyawan. Oleh karena itu, peran HR yang terbuka dan komunikatif, sangat diperlukan untuk membantu karyawan menyelesaikan masalah sehingga kinerja karyawan dapat meningkat dan berkembang dengan baik. Berikut 5 masalah umum karyawan yang kerap terjadi di Indonesia dan perlu Anda ketahui selaku divisi HR. 

Tidak merasa puas dengan upah yang diterima 


Ketika pembagian upah, terkadang karyawan merasa tidak puas dengan upah yang didapatkan karena melihat karyawan lain mendapat upah yang lebih tinggi. Oleh karena itu, HR perlu memastikan dan menghitung besaran gaji pokok, potongan, bonus, jam kerja dan lainnya sehingga karyawan puas dengan upah yang diterima. 

Masalah dengan rekan kerja atau atasan 


Perbedaan pendapat, budaya, dan kepribadian seringkali terjadi dalam dunia kerja. Terkadang karyawan merasa tidak cocok atau sependapat dengan rekan kerjanya atau dengan atasannya. Permasalahan tersebut harus diselesaikan dan disikapi dengan baik, tepat dan profesional agar masalah tersebut tidak membesar, mengganggu suasana kerja dan menurunkan produktivitas kerja. Maka perlu adanya sosialisasi antar sesama rekan kerja dan atasan sehingga dapat menciptakan suasana kerja yang harmonis. 

Merasa beban pekerjaan terlalu berat 


Pekerjaan yang dihadapi karyawan pada suatu titik terasa meningkat secara drastis dari sebelumnya. Karyawan mulai merasa kewalahan dengan pembagian waktu untuk beban pekerjaan yang harus dikerjakan. Lupa makan, tidur dan istirahat menjadi masalah utama disaat beban kerja yang menumpuk. Diskusi dengan manajer mengenai beban pekerjaan yang terlalu berat menjadi solusi agar dapat memaksimalkan waktu dan kinerja kerja dengan baik. 

Masalah pribadi 


Permasalahan pribadi seperti keuangan atau keluarga bisa mengganggu konsentrasi karyawan dalam bekerja. Maka, HR perlu memberikan waktu yang cukup untuk mendengar cerita dan mencari solusi untuk karyawan agar kualitas kerja karyawan tidak menurun. Dengan memberikan solusi, harapannya masalah pribadi yang dialami karyawan dapat terselesaikan dan karyawan dapat kembali bekerja dengan baik. 

Jaminan sosial karyawan belum maksimal 


Jaminan kerja seperti kesehatan, keselamatan, kecelakaan, hari tua dan lainnya di Indonesia belum terpenuhi secara maksimal. Masih banyak karyawan yang belum mengetahui hak dan kewajiban karyawan sehingga perlu diadakan sosialisasi tentang hal tersebut yang sudah ditetapkan oleh Undang – Undang. Pengawasan dan penegakan hukum perlu dilakukan agar karyawan merasa terjamin dan adil dalam bekerja. 

Peran dari HR menjadi kunci penyelesaian berbagai masalah yang dihadapi karyawan. Diperlukan juga software payroll gratis di Indonesia yang memudahkan dan membantu tugas dari HR. 

Platform LinovHR memiliki modul dan fitur yang mendukung tim HR bekerja efektif dan efisien. Meliputi sistem payroll, absensi, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, hingga perhitungan PPH 21 dan tunjangan maupun benefit. Tim HR akan lebih fokus mempertahankan kesejahteraan karyawan karena tugas HR yang berat seperti payroll telah terselesaikan secara otomatis. 

Tunggu apalagi, manfaatkan software payroll gratis di Indonesia untuk mengatasi segala permasalahan umum yang kerap menjadi tantangan karyawan perusahaan di Indonesia. 

Ayo Dapatkan Ujicoba Gratis LinovHR LinovHR tanpa dipungut biaya apa pun.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Silakan berkomentar dengan sopan