Sunday, June 9, 2019

Cara Membuat Blog/Website Dengan Nama Sendiri Bagi Pemula

Susiloblog.com - Sesekali saya memang share artikel blog saya di facebook sendiri, nah ketika itu ada teman yang langsung inbok dan bertanya-tanya seputar dunia blogging, dia penasaran kok bisa nama blogku bisa sesuai nama saya yaitu susiloblog. Dia juga ingin sekali mempunyai blog dengan nama dia sendiri dan nama usahanya (kebetulan dia usaha kue dan toko kue didaerahku masih sedikit yang empunyai website). Tapi masalahnya dia tidak tahu menahu masalah dunia blogging.


Oke mungkin kalian juga seperti teman saya yang ingin membuat blog/website tapi takut susah dan belum bisa coding (dulu pas awal saya buat blog juga saya kira susah, ternyata setelah saya praktekan ternyata mudah). Saya akan menerangkan ke kalian bagaimana sih caranya membuat blog/website dengan nama sendiri.

Sebelum kalian membuat blog kenali dulu jenis blog itu sendiri, ada dua macam blog,

1. Blog yang hanya memerlukan pengubahan nama (domain) tanpa perlu hosting. Karena hostingnya dari blogger (untuk blog ini saya menggunakan jenis ini karena menghemat biaya sewa hosting)

2. Blog yang memerlukan domain dan hosting. Biasanya blog jenis ini digunakan oleh para enterprise (usaha) karena memang lebih fleksibel. Tidak seperti jenis yang pertama yang istilahnya hanya menumpang, kalau jenis ini istilahnya rumah sendiri. Untuk membuat blog jenis ini kalian harus mencari web hosting yang terpercaya, kalau saya sih pilih web hosting Indonesia ini karena mudahnya proses transaksi dan CSnya tanggap jika ada masalah dengan blog kita (iya lah kan CSnya orang Indonesia juga dan bisa transaksi dengan transfer bank).

Saya akan menerangkan dari jenis blog yang pertama dulu ya. Kalian harus membeli domain terlebih dahulu (saya memberi contoh beli di hostinger karena memang mudah).

Sebenarnya singkat banget untuk membeli domain di hostinger. Owh ya pastikan kalian memilih nama domain yang singkat dan terlihat terpercaya ya (jangan nama alay). Jika sudah ikuti langkahnya seperti berikut ini

1. Masuk ke www.hostinger.co.id

2. Difitur cek domain ketik nama yang kalian inginkan dan klik Cek domain

cek domain hostinger

3. Pilih domain yang diinginkan dan klik Tambahkan Ke Cart

cek domain hostinger

cek domain hostinger

4. Pilih metode pembayaran (kalau punya bank pilih saja yang pilihan gambar bank bank indonesia)

metode pembayaran hostinger

5. Setelah kalian selesai melakukan pembayaran, kalian akan segera diarahkan ke kontrol panel dan kalian diwajibkan untuk melakukan registrasi nama domain kalian (saya sarankan kalian mengisi kolom informasi dengan benar)

verifikasi data hostinger

verifikasi data hostinger

6. Jika sudah silakan melakukan verifikasi dengan mengklik link verifikasi yang dikirimkan melalui alamat email kalian yang digunakan pada waktu pendaftaran.

Selesai. Selanjutnya setting blogger dan domain agar nama blogger sesuai dengan nama domain yang barusan dibeli caranya seperti berikut ini

Cara Custom Domain Blogger Dengan Nama Sendiri


1. Masuk ke akun blogger kalian

2. Masuk ke Settings --> Basic dan klik +Setup a 3rd party URL for your blog

blogger setting


blogger setting

3. Isi blog address dengan domain yang sudah dibeli tadi dan klik save.

blogger setting

4. Nanti terlihat seperti error, tapi tenang, langkah tersebut sudah benar tinggal setting domainya

5. Masuk ke settingan domain (karena tadi beli di hostinger maka masuk ke www.hostinger.co.id). Setting DNS record CNAME seperti yang ada diblogger.

blogger setting

6. Tambahkan A record dengan IP dibawah ini
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

blogger setting

Tunggu maksimal 24jam sampai bisa terhubung ke blog.

Sekarang coba masuk ke blogger lagi dan  jika sudah sukses maka akan bisa di save. Jangan lupa beri centang pada Redirect ya agar blog bisa diakses tanpa menggunakan www

blogger setting

blogger setting

Selesai

Selanjutnya saya akan menerangkan blog jenis kedua yaitu hosting dan domain.

Saya tidak akan menjelaskan panjang panjang untuk jenis blog ini karena memang sudah dimudahkan oleh hostinger (bagi pemula yang minim codingpun sangat bisa). Apa benar?. Ya benar, karena hostinger sudah menyiapkan template yang bisa kalian pilih sesuai dengan yang kalian inginkan. Silakan kunjungi di hostinger website builder

website builder hostinger

template website hostinger

Terus berapa tarifnya?. Kalian bisa mengintipnya dibawah ini.

harga paket hostinger

Murah kan?. Sebulan tidak sampai 10ribu  kok.

Gimana mudah kan?. Jika ada kendala atau kebingungan kalian juga bisa minta bantuan CS di hostinger kok. Mereka ramah dan mau membantu.

Owh ya, sekarang temenku sudah bisa membuat website sendiri :) dan sekarang usaha kue dia laris karena ada order dari website yang dia buat.

Kalian kapan nih punya blog sendiri? :D