Skip to main content

Pengalaman Menggunakan MIUI 10 di Xiaomi Redmi Note 4X

Kali ini saya akan membagikan pengalaman menggunakan MIUI 10 di Xiaomi Redmi Note 4 saya. Memang Redmi Note 4 dapat bagian update MIUI 10, ya meskipun masih Nougat (sama dengan MIUI 9), gak tahu besok dapat android oreo apa tidak. Miui 10 saat ini masih dalam tahap BETA ya, belum stabil. Ya pastinya ada bug lah.

Saya menggunakan Rom Xiaomi.eu ya, karena saya suka sekali dengan rom xiaomi.eu. Ya rom xiaomi.eu itu ibaratnya rom miui china tapi diglobalkan (ditambah google app) jadi sudah ada playstore dan tidak ada blootwarenya.


Owh ya saya instal secara dirty/kotor (tanpa wipe) karena saya malas ribet instal aplikasi dan gak mau data-data hilang (misal chat WA dan kontak). Saya instal rom xiaomi.eu MIUI 10 menggunakan TWRP. Setelah saya instal langsung saya pasang Magisk Root untuk memasang aplikasi yang membutuhkan akses root.

Oke setelah instal MIUI 10 dan instal magisk, mido langsung saya hidupkan.

Kesan pertama sama saja dengan MIUI 9, bahkan awalnya terbilang lebih lemot dibanding MIUI 9 (lah kok?). Tapi lama kelamaan mulai menunjukan kecepatanya, ternyata lebih cepat dibanding MIUI 9. Terus perbedaanya dengan MIUI 9 dimana?. 

1. Tampilan notifikasi bar sekarang lebih minimalis



Ya tak akui saya lebih suka tampilan yang sekarang ini, tingkat brightnessnya lebih kekinian lah dibanding MIUI 9.

2. Volume



Jika kalian menekan tombol volume, jika di MIUI 9 berada dibawah navbar, sekarang ada disamping kanan. Kalau menurut saya sih lebih enakan gini.

3. Menu Recent Apps Tray



Ini juga berbeda. Jika di miui 9 kan menunya dari kanan kekiri kalau ini dari bawah ke atas dan terdapat 2 kolom. Awalnya menurut saya enakan miui 9, tapi setelah menggunakan akhirnya tahu kelebihan model seperti ini, lebih enakan saat berpindah-pindah aplikasi yang sudah dibuka.

Jika kalian menahan menu nya nanti akan ada pilihan, lock, split screen, info



4. Ram

Ini nih yang saya suka dari MIUI 10, ram yang tersisa bisa 1,7Gb padahal kalau MIUI 9 mentok-mentok cuma 1,3 Gb. (Kalian bisa cek gambarnya di nomor 3)

Kelebihan MIUI 10 Xiaomi


  • Ram tersisa banyak
  • Lebih enteng dan smooth lah
  • Efek aplikasi yang enak dipandang
  • Ikon aplikasi yang lebih bagus

Kekurangan MIUI 10


  • Belum bisa diinstal Google Camera / Gcam (Ya saya suka sekali menggunakan google camera dibanding kamera bawaan)
  • Belum ada fitur portrait mode (pasti update selanjutnya ada)

Kesimpulan


Ya secara keseluruhan MIUI 10 menawarkan pengalaman yang lebih dibanding MIUI 9, kalau memilih ya jelas saya memilih miui 10. 
Aturan Berkomentar: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar