Cara Memperpanjang STNK Motor 5 Tahun Terbaru

Untuk kamu yang mempunyai kendaraan bermotor pasti menyadari bahwa terdapat kewajiban untuk membayar pajak setiap tahun dan setiap 5 tahunan. Untuk pajak setiap 5 tahun para pemilik kendaraan bermotor selain membayar pajak juga mengganti STNK dan juga plat nomor. Kali ini saya akan memberikan pengalaman saya membayar pajak kendaraan bermotor 5 tahunan.

Berikut cara mengurus perpanjangan STNK 5 tahunan.

Syarat Perpanjangan STNK 5 Tahunan



  1. Bawa motor yang mau dibayar pajak (karena buat mengecek nomor fisik kendaraan)
  2. STNK asli
  3. eKTP asli
BPKB?. Lah ini saya cukup terkejut, ternyata sekarang BPKB tidak diperlukan lagi. Saya tidak tahu didaerah kalian masih memerlukan BPKB atau tidak. Tapi saat saya membayar perpanjangan stnk di daerah Kebumen tidak diperlukan lagi. Intinya hanya STNK dan eKTP. Padahal 5 tahun sebelumnya masih diperlukan BPKB, Tapi saran saya mending bawa BPKB buat jaga-jaga saja, siapa tahu diperlukan (saya juga membawanya)



Proses Perpanjangan STNK Kendaraan Bermotor 5 Tahunan

1. Pastikan syaratnya sudah dibawa ya. Langsung saja kamu ketempat pengecekan fisik kendaraan bermotor untuk mengecek kendaraan yang ingin dibayar pajaknya. Saya sarankan berangkat pagi-pagi saja, karena banyak orang yang ingin bayar pajak juga. Saya sendiri berangkat jam 7 supaya tidak terlalu mengantri.



2. Nanti motor kamu akan dicek nomor fisiknya



3. Setelah dicek nanti akan diberi berkas/belangko sama petugas, jika sudah dapat belangko langsung saja ketempat pengesahanya (kalau ditempatku sebelah tempat pengecekan motor. Nanti juga petugas akan mengasih tahu tempatnya)



4. Jika sudah diperiksa berkasnya nanti akan dapat stampel diberkasnya (ini GRATIS ya. jika disuruh bayar itu namanya PUNGLI. Laporkan saja jika terjadi seperti ini). Kalau ditempatku sih punglinya secara halus. Petugas cuma bilang "Ini gratis ya mas, silakan isi kotak kas seikhlasnya)



5. Jika sudah diperiksa berkasnya selanjutnya ketempat yang ada dikantor



6. Nanti berkasnya dikembalikan lagi. Langsung ke LOKET 1 (Pendaftaran dan Penetapan). Lalu petugas akan memberikan nomor tunggu untuk ke loket pembayaran





7. Selanjutnya jika sudah dipanggil nomor urutnya, tinggal bayar di kasir. Selanjutnya nomor antrian akan dicap LUNAS





8. Tinggal tunggu di LOKET 2 untuk penyerahan STNK yang baru



lumayan lah yang tunggu banyak (gak sebanyak dulu sih, karena sekarang yang pajak tahunan sudah bisa dilakukan dikecamatan)



9. Jika sudah selamat STNK kamu sudah baru dan sudah memenuhi kewajiban. Tinggal ke tempat pembuatan plat nomor.



10. Selesai lah proses pembayaran pajak 5 tahunan kamu.



Itulah cara/proses pembayaran pajak motor 5 tahunan. Mudah kan?. Saya sendiri cuma sekitar 1 jam sudah selesai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel