Skip to main content

Nonaktifkan Autorun Maka Laptop Bebas Virus



susiloblog.com - Pernah gak komputermu terjangkit virus yang berasal dari flasdisk temanmu?. Pasti pernah kan?. Yang paling sering menular adalah jenis virus shortcut, itu loh virus yang menyembunyikan atau bahkan mampu menghapus file aslimu. Biasanya virus ini menyerang dokumen (microsoft word paling umum) Bayangkan saja jika file tersebut merupakan file yang sangat penting, pasti stress lah. Misalnya saja dokumen skripsi akhir, jika sampai terkena virus ini pasti langsung galau.

Cara penularan virus tersebut dari flashdisk ke komputer kamu biasanya  melalui fitur autorun. Untuk itu mematikan atau menonaktfikan autorun windows menjadi langkah pertama untuk mencegah komputer kita terserang virus.

Bagaimana autorun bisa membantu penyebaran virus? Autorun.inf adalah file pertama yang dijalankan saat komputer windows mendeteksi adanya hard drive baru (misalnya flash disk atau CD). Virus biasanya mengganti/membuat file autorun.inf sehingga bila autorun dijalankan maka virus akan ikut dieksekusi. Jadinya, virus komputer berhasil menyebar.

Kalau kamu bingung cara menghapus atau menghilangkan virus shortcut dan ingin bebas dari virus shortcut. Mending matikan autorun/autoplay windows kalian saja.

Kali ini saya akan membuat tutorial cara mematikan/menonaktifkan autorun melalui gpedit.msc (saya menggunakan windows 7, tapi sudah saya uji coba ke windows 8 maupun windows 10 dan berhasil)


Cara Menonaktifkan Autorun Windows


1. Klik tombol Start -> Run (atau tekan windows+R)

2. Ketik “gpedit.msc” (tanpa petik). Maka akan terbuka Group Policy window.





3. Masuk Computer Configuration -> Administrative Templates -> Windows Components -> Autoplays Policies



4. Pada kolom setting sebelah kanan, buka fitur ‘Turn Off Auto Play’ dengan cara klik 2x



5. Turn Off Autoplay Properties akan terbuka. Pilih Enabled -> All Drive, lalu Ok.



6. Selesai. Kamu bisa cek, jika berhasil maka status akan enabled




7. Tutup Group Policy window, lalu restart komputer.

Semoga dengan cara tersebut maka komputer kamu akan bebas dari virus yang berasal dari flashdisk. 

Aturan Berkomentar: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar