Sunday, June 9, 2019

Pengertian Mockup Dan Cara Menggunakanya



Bagi seorang desain grafis istilah mockup pastilah sangat familiar. Secara umum mockup sering digunakan untuk mempresentasikan hasil dari desain yang dibuat kepada client agar si client tahu desain yang dibuat jika diterapkan secara nyata bagaimana hasilnya. Karena mockup dapat memberikan gambaran yang nyata dari desain yang sudah dibuat, sehingga kalian akan tahu bagaimana jika desain dibuat secara nyata apakah desainya terlihat bagus ataukah tidak.

Mockup itu sendiri adalah media visual atau preview dari desain yang diberikan efek-efek sehingga hasilnya seperti nyata, mockup ini akan memberikan gambaran nyata dari desain bagaimana jika diterapkan secara nyata akan bagus atau tidak hasilnya. Mockup ini juga akan memberikan keindahan dari desain yang sudah dibuat, intinya desain kalian tidak akan terlihat biasa-biasa saja.

Jika kalian bergelut di desain logo, misalnya kalian mengikuti kontes di 99designs, mockup ini akan sangat berpengaruh dalam menarik minat si Contes Holder (CH). Karena logo kalian akan terlihat lebih menarik jika dibandingkan logo kalian tanpa mockup. 

Owh ya jika kalian menekuni bisnis kaos, mockup juga bisa dikatakan "senjata" untuk menjual desain/konsep dari kaos kalian. Banyak teman-temanku yang mendesain kaos dan mau menjual dengan sistem preorder maka desain harus dibuat secara nyata di media kaos agar calon pembeli seakan-akan melihat kaos sungguhan. Maka mockup ini wajib digunakan, karena dengan mudah desain yang dibuat bisa terlihat nyata seperti di kaos.

Tidak hanya buat logo dan kaos saja mockup ini digunakan. Bisa juga untuk produk lain seperti minuman, banner, buku, mobil, dan media lainya yang membutuhkan presentasi dari desain.

Kali ini aku akan memberikan cara menggunakan mockup.


Cara Menggunakan Mockup

1. Buka mockup yang ingin kalian gunakan



2. Klik dua kali pada thumbnail pojok kanan bawah. Dan tekan OK


3. Disini akan ada area buat menempatkan desain kita


4. Hidden dengan klik tanda mata. Dan ganti dengan desain kita



5. Klik pada close. dan pilih Yes untuk menyimpan


6. Selesai dan lihat hasilnya


Atau kalian bisa menonton langsung video dibawah ini




Sekian postingan ini saya buat. semoga berguna buat kalian


Load comments