Mudahnya Memperkecil Ukuran Size Foto Tanpa Mengurangi Kualitas.

Ukuran foto dizaman yang modern seperti ini semakin hari ukuran sizenya semakin besar saja. Ya wajarlah, namanya teknologi dari tahun ketahun juga semakin canggih. Bayangkan pas zamanku dulu kamera hp resolusinya hanya VGA paling-paling ukuran foto yang dihasilkan hanya beberapa kb (bukan Keluarga Berencana ya guys). Lah sekarang??. Kameranya minimal 5MP bahkan ada yang 41MP. 

Memang sih secara kualitas beda bagaikan langit dan bumi, kalau foto dulu dizoom pasti pecah dan bahkan fotonya burem-burem (bukan gara-gara foto aku loh ya), kalau sekarang mah dizoom gak pecah, hasilnya pun jernih-jernih. 

Dibalik foto yang semakin baik itu pasti size fotonya juga semakin besar. kalau dulu foto paling cuma 70kb sekarang seminimnya 1mb bahkan ada yang 5mb. Efeknya apa kalau size besar??. ya tentu semakin memakan hardisk lah. Dulu 120Gb saja cukup kok, sekarang 1Tb saja kurang. Jika kalian seorang blogger juga kalau size fotonya besar, selain memberatkan blog, juga akan mengurangi resource hostingnya. Apalagi yang memakai self hosting. Ukuran foto wajib dikompres.

Kalau kalian merasa hardisk kalian kuotanya mau habis, aku punya tips nih buat memperkecil/mengkompres ukuran size foto kalian. Lah terus jika sizenya diperkecil, kualitas fotonya apa gak semakin jelek??. ya pada awalnya aku juga berfikiran seperti itu. Takut kualitas fotonya semakin jelek. Tapi setelah aku mencoba pakai aplikasi ini, gak ada penurunan kualitas dari fotonya. Amazing lah pokoknya :)

Aplikasi Yang Digunakan

Aku menggunakan aplikasi FILEminimizer Suite (biasa aku download yang versi bajakan) atau jika pengin yang gratisan bisa menggunakan yang versi gratis yaitu FILEminimizer Pictures. Bisa download aplikasinya disini. Perbedaanya jika versi suite bisa juga untuk mengkompress pdf dan juga microsoft office kalau yang pictures hanya untuk mengkompres foto saja. Kenapa pilih aplikasi ini??. Ya karena kemudahanya. Ya emang banyak aplikasi yang menawarkan untuk kompres ukuran foto, tapi ya itu hasilnya kurang memuaskan. Selain itu ribet penggunaanya. Kalau pakai ini saya yakin orang awam seperti akupun bisa. horeeee

Cara Menggunakan

1. Pilih foto yang akan dikompress. Semisal aku menggunakan foto dengan ukuran 4,73Mb


2. Klik kanan pada foto tersebut dan pilih FILEMinimizer suite (jika kalian menggunakan versi suite) atau FILEMinimizer pictures (jika menggunakan versi pictures)


3. Pilih Compression Settings (1) yang tengah saja (tanpa penurunan resolusi). Jika ingin ukuran fotonya lebih kecil lagi bisa pilih yang sebelah kanan. Tapi ya itu resolusinya semakin kecil. Jika sudah klik Optimize Files (2)


4. Lihat hasilnya


Jika settinganya secara default maka file foto yang sudah dikompress akan ketambahan nama (FILEminimizer). Lihatlah perbedaanya dari file aslinya. Yang asli sekitar 4mb dan hasilnya 700kb. wowwwww..Yang lebih hebatnya lagi resolusinya juga gak menurun. Lihat yang aku beri warna biru, bandingkan dengan yang asli. Sama kan??. 

Jika Foto Lebih Dari Satu

Jika foto lebih dari satu, caranya hampir mirip dengan cara diatas. Cuma bedanya pilih semua foto yang ingin dikompress (blok) lalu klik kanan pilih FILEminimizernya.


Langkah selanjutnya seperti langkah nomor 3.

Bagaimana??. Mudah banget kan?. Selain itu aku jamin kalian pasti akan puas lah dengan aplikasi ini.

Semoga ilmu yang aku share ke kalian ini berguna :) silahkan komen jika ada yang perlu dipertanyakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel