Menjalankan Aplikasi Metro Windows Pada Resolusi Layar Rendah di Netbook


Kemarin ada temen yang bawa netbook (laptop kecil) ke saya, kebetulan os windows dia windows 8. dan katanya aplikasinya gak bisa dibuka, setelah saya cek eh ternyata aplikasi yang dia buka merupakan aplikasi modern ui ala windows. Ya pantesan gak tidak bisa dibuka

Owh ya selain di windows 8 ternya modern ui juga ada di windows 8.1 bahkan windows 10 yang barupun ada. Maka jangan heran kalau windows 8 atau windows 10 kalian tidak bisa membuka aplikasi modern ui.

Windows 8 dengan fitur Modern UI yang baru memiliki berbagai aplikasi Metro, baik bawaan maupun yang dapat di-install dari App Store, tetapi Anda memerlukan resolusi layar minimal 1024 x 768 untuk menjalankannya. Jika Anda memiliki layar dengan resolusi rendah seperti pada standar netbook (1024 x 600) dan Anda mencoba untuk membuka aplikasi Metro dari Layar Start, Anda tidak akan dapat menjalankannya dan malah mendapatkan pesan error berikut:

"This app can't open
The screen resolution is too low for this app to run.
 Change your screen resolution"



Artikel ini ditulis oleh Danny (JasaIT). Dilarang keras menyalin keseluruhan atau bagian dari artikel ini tanpa mencantumkan link asli artikel ini.
Untuk mengatasi masalah ini, ada sebuah trik yang bagus yang dapat mengakali Windows bahwa resolusi layar Anda 1024 x 768, sehingga Anda dapat menjalankan aplikasi Metro.
Berikut ini caranya:

1. Tekan kombinasi tombol “WIN + R” untuk mamanggil kotak dialog RUN. Ketik regedit dan tekan Enter.
2. Pada Registry Editor, tekan kombinasi tombol “Ctrl+F” untuk membuka kotak dialog Find.
3. Ketik teks berikut pada teks boks Find:
Display1_DownScalingSupported
4. Klik tombol Find Next dan Anda akan ditujukan pada key registry pertama yang memiliki nama “Display1_DownScalingSupported“. Gantilah nilainya dari 0 menjadi 1.



5. Tekanlah tombol F3 untuk menuju kepada key berikutnya. Jika Anda menemukan key lagi dengan nama “Display1_DownScalingSupported“, ganti nilai semua key tersebut menjadi 1.
6. Restart komputer Anda.
7. Setelah restart, klik kanan pada Desktop dan pilih opsi Screen Resolution. Sekarang terdapat opsi resolusi 1024 x 768 pada daftar resolusi layar. Pilihlah dan klik Apply.



Dengan cara tersebut saya pastikan aplikasi yang tadi tidak bisa dibuka akan bisa dibuka dengan lancar. Semoga membantu gays :D

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel