Tips Agar Design Tidak Ditiru (Copycat) di 99design

Misalnya nih kita ikut satu kontes, dan sudah masukia satu-dua desain eeh alhamdulilah, ternyata ada yg dapet rate 4-5 bintang. Nah, begitu anda dapat notif... langsung bikin kembali desain yg sama but slightly bit different, maksdnya bikin versi lain dari desain kita tadi dengan perubahan sedikit aja bisa juga dengan variasi warna dan bentuk juga. Bikin 4-5 desain lagi masukin secara berurutan sekaligus! :) bisa lebih banyak, lebih bagus. Ini berguna untuk meminimalisir desain kita ditiru secara sekilas.

Kenapa? Kebiasaan pada kontes adalah "COPYCAT", yaitu kontestan lain yg hobinya hanya "numpang ide" karena mereka yg baru masuk atau submit dengan rate rendah setelah kita akan liat siapa aja yg rate nya tinggi sebelumnya, dan mereka biasanya akan meniru desain tadi, HANYA SAJA mereka mengubahnya sedikit dan memolesnya disini dan disitu supaya lebih sempurna, supaya beda dan gak kena report. Masalah disini adalah si CH, kadang ada CH yg gak menyadari soal ini. Dia hanya melihat sisi bagusnya si logo itu pada tahap kualifikasi. Alhasil CH pun memberi rate sama tingginya dengan punya kita. Rela kah anda yg udah mikir abis2an untuk dapetin konsep ini, tapi orang lain tinggal menyempurnakan? yup.. kesel banget pastinya! Mungkin ada yg berpendapat: laporin aja ke 99Design.!!  

Oke, Bisa aja dilaporkan ... tapi sy jamin desain tsb akan diloloskan sama admin 99D karena kemiripannya kurang dari 90%. Sedangkan kita tau, desain itu muncul setelah desain kita dapet rate tinggi. Kita tau dia ini meniru konsep kita...Dan biasanya muncul dari desainer yg submit karya beda konsep dengan kita sebelum di-rate. Kecuali kalo dia jiplak mentah-mentah, udah pasti deh kena! .

Trik ini banyak dipake para desainer yg gak mau mikir untuk jadi kreatif. Itu sebabnya mereka hanya menunggu. Tau darimana? coba perhatikan kontes yg masih kosong submission, blm ada yg masukin karya... tapi yg watching udah belasan orang atau puluhan... kebanyakan dari mereka itu menunggu sampe ada yg masukin karya dan liat reaksi CH beserta ratenya... mereka akan liat siapa yg rate nya paling tinggi, berarti itu yg disenengi CH, tinggal dicontoh, disempurnakan, beres... dapet dah desain baru untuk disubmit. Pinter? mungkin.... bangga sama karya sendiri... jangan harap.

Saya bukan sok pinter dan sok paling bisa, saya hanya coba berbagi. Maafkan saya kalo misalnya ada yg baca ini dan ternyata merasa sebagai person yg justru memakai trik sebaliknya. Tapi seinget saya code seorang desainer adalah mampu menciptakan ide yg orisinil dan kreatif, bangga dengan karya sendiri meskipun tahap awal selalu kena eliminasi. Jadi kenapa takut bertarung dengan ide sendiri :D Semoga bermanfaad dan bisa membuka ide yg lebih luas... Ada ribuan kontes setiap harinya dan ada ribuan kesempatan kita terus mencoba, saya yakin gak mungkin satupun gak ad yg tembus...Ibarat kaca anti peluru pun kalo ditembak berulang2 pada titik yg sama akhirnya kaca itu akan tembus kok!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel