Sunday, June 9, 2019

Keuntungan Label Platinum 99design dan Cara Mendapatkanya

Bagi yang udah lama join di 99Design pasti udah gak asing sama istilah platinum desainer. Dan pastinya juga udah banyak member disini yg udah berpangkat platinum. Nah bagi yang baru join di 99Designs mungkin masih bertanya apa itu platinum desainer?  apa sih keistimewaannya? dan Gimana cara dapetin label platinum tersebut? Hayo bagaimana caranya?

Kita bahas garis besarnya aja dikarenakan banyak pertanyaan juga yg muncul tentang cara dapetin platinum di nama kita. Saya sendiri belom jadi platinum jadi saya coba jelaskan secerah mungkin sepengetahuan saya aja ya.

KEUNTUNGAN PLATINUM

1. Yang jelas Platinum desainer punya akses lebih luas saat mengikuti kontes. Contoh misalnya, ada beberapa kontes yg emang ditujukan untuk para platinum desainer. Dalam kontes ini desainer biasa gak bisa masuk/ikut kontes tersebut. Jumlah hadiahnya relatif masih sama dan tergantung si CH, beberapa memang luarbiasa. Keuntungannya, dikarenakan desainer yg masuk lebih sedikit, jadi persaingan pun semakin kecil dan otomatis kemungkinan menang jadi lebih besar.

2.  Punya nama yg bisa diperhitungkan di kalangan Contest Holder. Artinya CH akan lebih mempercayakan projectnya kepada seorang platinum desainer jika lawan-lawan desainer lainnya bukan platinum. Poin ini bisa berubah apabila si NON-Platinum desainer bisa mengalahkan saingannya yg merupakan seorang platinum.

3. Platinum desainer jarang ikut kontes, dikarenakan kadang mereka terlalu sibuk mengerjakan project 1-1 dengan CH. Kok bisa? ya karena mereka adalah Platinum desainer, jadi terkadang ada CH yg malas menunggu untuk mengadakan kontes lagi, jadi langsung menawarkan pekerjaan itu kepada seorang platinum desainer karena CH menganggap mereka udah profesional dalam penanganan sebuah project. Terlebih lagi apabila si CH udah pernah puas dengan pekerjaan seorang desainer yg mereka pilih tersebut. Enaknya jadi platinum, gak perlu antri untuk menang karena CH datang sendiri menawarkan pekerjaan secara langsung.

CARA MENJADI PLATINUM DESAINER 

Ada banyak cara untuk menjadi seorang Platinum desainer. Dan hal pertama yg harus kita lakukan adalah mengamati seorang desainer platinum, dan liat perbedaan style mereka. Kalo menurut saya, menjadi seorang Platinum desainer adalah hak privilage admin 99desain dan beberapa Platinum desainer senior. Karena mereka berperan dalam merekomendasikan nama kita sebagai Platinum desainer atau tidak. 

Mas, Saya udah jalan di 99D dua taon, sering menang tapi kok gak juga jadi platinum ya?
Jawabannya. KONSISTENSI

Ada seorang desainer yg butuh bertahun-tahun dan butuh menang beratus kali untuk mendapatkan gelar Platinum desainer. Tapi ada juga mereka yg baru join 3 bulan dan jarang menang tapi udah mendapatkan pangkat Platinum desainer. lah kok bisa?

Bisa aja. Karena konsistensi itu. Yang saya maksud adalah, saat kita join jadi member di 99D ada banyak kontes yg bisa diikuti. Dan saya yakin awal kita join di 99D rata-rata kebanyakan asal bikin akun, asal bikin nama dan asal ikut kontes sehingga hal ini mengaburkan konsistensi kita sebagai desainer. Dan kita akan bertanya sendiri desainer apa sebenarnya saya ini? desainer logo? ilustrator? pemain 3D? atau kita hajar semuanya demi dollar?

Sampe tahap ini kita dihadapkan dua pilihan, jika ingin cepat dapat dollar atau jika ingin terus menang di berbagai kategori kontes jangan harap bisa jadi platinum dalam waktu dekat. Tapi... jika emang ingin jadi seorang desainer profesional dalam 99D sebagai Platinum desainer, kemenangan harus dipertahankan dalam satu kategori. 

Jika kalian seorang desainer corporate logo, tetaplah fokus pada satu kategori dari awal kita join 99D. Ikuti hanya kategori logo pada setiap kontes dan usahakan menang atau minimal masuk dalam tahap final. Desainer yg bisa masuk ke tahap final artinya udah diperhitungkan oleh CH, dan selalu dipantau oleh moderator dan admin 99D. Begitu pula jika kalian seorang ilustrator... jangan gambling di kategori kontes selain yg berhubungan dengan ilustrasi, sebab ini akan mengaburkan konsistensi tadi.

JANGAN REMEHKAN PORTFOLIO PRIBADI 

Portfolio punya peranan penting juga untuk menambah nilai jual nama kita sebagai desainer, dan khususnya bagi yg ingin menjadi Platinum desainer. Konsistensi pajang karya tidak berarti memajang hanya karya yg pernah menang aja, tapi semua karya yg kita anggap terbaik silakan untuk dipajang. Karena ibarat kita punya toko, kita memajang produk kita sendiri dalam sebuah etalase yg cantik, dengan toko yg bersih dan menarik orang untuk datang. Dari hal sepele ini CH akan mampir dan mempercayakan projectnya pada kita. Hal ini juga berlaku jika kita bukan desainer platinum.

HINDARI BENTUK GENERIC

Kadang untuk menang, kita lebih mengesampingkan idealis karya dibandingkan dollar yg didapat. Walopun portfolio terisi dengan banyak karya kemenangan ataupun karya yg menurut kita terbaik, tapi... dimata orang lain yg mampir liat-liat portfolio kita, mereka hanya tersenyum kecut, berarti kita masih gagal keluar dari bentuk generic. Kebanyakan CH tidak mengerti perbedaan bentuk generic dengan fresh idea. Seorang desainer seharusnya bisa melakukan pendekatan secara persuasif untuk mengenalkan bentuk dan ide baru. Tapi kebanyakan demi menang kita pun kembali ke bentuk generic. Bentuk yg lebih familiar dimata seorang CH yg merupakan orang awam. Langkah ini sama sekali gak membantu untuk menjadi seorang Platinum desainer.

JANGAN TERLALU BERLEBIHAN DALAM MENDESKRIPSIKAN DIRI

“Saya seorang desainer profesional, berpengalaman 15 tahun di bidang desain grafis, menguasai adobe ilustrator, corel, photoshop, DAZ3D , dan masih banyak lagi. Saya pekerja keras dan Sangat menyukai desain... bla bla bla......”

WRONG MOVE! Pada dasarnya dunia desain di luar negeri bukan menjual kecap, melainkan mencari karya yg terbukti bisa memukau banyak orang. Buat apa kita membaguskan diri sedemikian rupa, tapi di portfolio masih kosong, atau jarang menang, atau portfolio penuh terisi hanya dengan desain generic? Maka buktikan dengan karya yg bisa membuat orang wawww.... bisa membuat orang tersenyum manggut-manggut dan tanpa sadar membuat mereka klik tombol LIKE sebagai tanda mereka menghargai karya itu, meskipun bukan pemenang di kontes yg dipajang.

“Ah, kalo saya sih yg penting dollarnya, gak perlu jadi platinum juga gak masalah, yang penting desain saya orisinil !”

Semua kan kembali ke diri masing-masing, karena yg dibahas disini adalah pertanyaan  tentang Platinum desainer. Di awal konsistensi seorang desainer mengejar label platinum, mereka mungkin mengesampingkan dollar di 6 bulan pertama, tapi setelah label itu melekat di akunnya. Dollar bisa datang sendiri melalui 1-1 project, yg kebanyakan tak ter-ekspose oleh desainer lain tapi karya mereka udah jadi santapan yg diliat sehari-hari dan terpajang di kantor 99D.

Pada kesimpulannya “BE YOURSELF” konsisten dalam karya, sebab baik platinum atau bukan, kita masih bisa terus berkarya dan menghasilkan sesuatu yg besar baik itu secara materi maupun dalam membentuk nama besar. 

Fokus dan cintai pekerjaanmu maka pekerjaanmu akan balik memberikan yg terbaik untukmu, Remehkan pekerjaanmu maka pekerjaan itu akan membuatmu menghabiskan waktu tanpa hasil


SELAMAT BERKARYA

Load comments