Skip to main content

Cara Membaca Pikiran CH (Contest Holder) 99designs


Kalo ada kemampuan super yg bisa kita pake dalam kontes 99D, mungkin banyak yg akan pilih "READ MIND" alias baca pikiran..iya gak? :D ada juga sih beberapa orang yg saya tanya pilih punya kekuatan seperti hulk... mau gebukin CH? hehe

Anyway.... banyak dari kita kadang gak ngerti pikiran CH dalam sebuah kontesnya, seperti misalnya... Kok CH maunya rubah bentuk desain terus? kenapa CH jarang kasi feedback?, kenapa desain saya gak dikasi rate ya? Sebenarnya CH ini maunya apa ya? desain seperti apa yg pas di hati CH? ....dan seterusnya. Sejujurnya, kita gak akan pernah tau seperti apa maunya CH, karena kita gak punya kemampuan baca pikiran apalagi dengan jarak yg jauh heheh. Tapi... setidaknya kita bisa membaca gerak-gerik CH dengan feedback dan rate yg dia kasi. Sebelum pertanyaan diatas terjawab... ada fakta mendasar yg menurut saya perlu kita pelajari. Yaitu bagaimana menjadi seorang contest holder. Bruce Wayne pernah sengaja masuk penjara, menjadi kriminal karena ia ingin tau seperti apa pikiran seorang kriminal yg sebenarnya, mempelajari kebiasaan penjahat, gerak-gerik penjahat, cara bicara dan aturan mainnya. Dengan begitu saat dia menjadi BATMAN, dia bisa setidaknya mengerti jalan pikiran sang kriminal sebanyak 80%. Dalam hal ini bukan berarti kita juga jadi kriminal sih, tapi coba kita memulai dengan berpikir dan bertindak sebagai CH. Ini bisa kita jadi jawaban bagaimana kita memilih kontes yg tepat untuk skill kita, dan memperkecil ruang persaingan dan pada akhirnya bisa menjadi pemenang! Perlu kita ketahui dulu bahwa menjadi CH pun ada aturan main dan ada strateginya lho! seperti halnya kita sebagai desainer yg butuh strategi dan cara yg bener untuk memenangkan persaingan. Dan biasanya banyak desainer yg udah KALAH SEBELUM BERPERANG. Ini yg perlu dihindari. CH adalah raja, tapi kedaulatan milik desainer!!

1. CH MEMILIH PAKET KONTES. (BRONZE, SILVER OR GOLD)

Paket apaan?? paket ini dibayar oleh CH saat ia ingin mengadakan kontes. Tentunya tiap paket harganya yg harus dibayarkan ke 99D beda-beda dan prize nya pun berbeda. Bronze paling kecil (165-200 dolar), Silver menengah (300-450dolar) dan GOLD (500-1200dolar) dan masih ada paket khusus certified desainer dan platinum desainer. (detailnya cari sendiri di google ya, karena kita gak bahas ini dulu). Makin besar rewardnya, pastinya makin banyak desainer yg akan datang menjawab tantangan ini. Kadang ada Ch yg maunya bayar murah untuk reward tapi dia pengen desainer yg masuk juga banyak. Apalagi kalo ada platinum member yg join, mereka seneng banget. 

2. TIDAK BURU-BURU MEMBERI RATE 5 BINTANG

Pada sebuah kontes , ada masa kualifikasi (3-5 hari), masa FINAL (3 hari) dan SELWIN (14 hari). Seharusnya pada tahap kualifikasi CH gak boleh buru2 memberi rating diatas 2 bintang. Kenapa? ...karena waktu masih panjang... Kalo CH udah memberi rate 4-5 bintang di hari pertama sedangkan kontestan yg masuk baru 20an peserta ini hanya akan memperkecil ruang gerak para desainer, otomatis kebanyakan desainer akan mengacu pada desain yg rate nya paling tinggi (padahal ini jebakan batman!) dan efek jeleknya, si CH gak akan dapat desain yg variatif meskipun yg submit desain ada ratusan. Efek jelek lainnya akan banyak terjadi plagiatisme. Dan kalo kontesnya masih panjang waktunya, ketika desainer mau masuk ke kontes ini ngeliat banyak bintang 5 nya pasti udah males dan gak jadi masuk. Jadi... sebagai desainer jangan langsung lumer dengan keadaan ini, tetap aja partisipasi kalo emang ada ide... perhatikan sisa waktu kontesnya. Semua orang punya rejekinya kok.

3. CH TIDAK MEMBERI RATE SATUPUN KE KONTESTAN

Jangan tertipu nih, saat CH gak kasi rate ke semua desain bukan berarti CH gak online atau gak suka sama semua desain. Tapi ini salah satu trik mereka supaya dapat desain yg lebih bervariatif... ini ada hubungannya dengan nomer 2 diatas. Dengan cara ini para desainer akan penasaran dan terus membuat bentuk baru sambil berharap desainnya ada yg akan dikasi rate. Lalu gimana bedakannya Ch yg emang pake cara ini dengan CH yg emang gak niat bikin kontes?... caranya adalah liat dari info FEEDBACK di bagian bawah kontes pada saat kita memilih kontes yg mau dimasuki. Kalo disitu tertulis (0 feedback) berarti emang gak ada feedback dan rate sama sekali. Tapi kalo ada tulisan (30%feedback) atau berapapun persentasenya sedangkan gak ada satupun yg dirate. Nah ini bisa mencirikan bahwa CH diam-diam memberi feedback pada beberapa desainer yg udah masuk, meskipun gak kasi rate bintang.Hal ini yg bisa menegaskan bahwa kita desainer gak bisa hanya patokan bintang, karena bintang 5 belom tentu jadi pemenang, bintang 5 bukan berarti gak akan tersingkir, melainkan feedback tertulislah yg menentukan kelanjutan nasib desain kita di tangan CH.

4. UNDANGAN MENGIKUTI KONTES DARI SEORANG CH 

Ini juga salah satu cara CH untuk menarik minat para desainer mengikuti kontesnya, karena makin banyak desain yg masuk kan berarti makin banyak bentuk yg bisa ia pilih, cuma kadang mereka si CH terlalu buru-buru memberi rate jadinya undangan ini pun seperti random, kita seolah diundang khusus sama mereka karena mereka suka desain kita di portfolio, padahal waktu kita submit juga si CH blm tentu pilih kita sebagai pemenang, karena yg diundang tentunya gak cuma kita saja. So... ini pilihan aja apakah desainer mau menjawab undangannya atau cari kontes sendiri yg cocok.Kesimpulannya, CH emang seorang raja... tapi kedaulatan adalah milik rakyat! siapa rakyatnya? ya desainer lah. Mereka punya uang dan kita punya skill, kita memberikan desain terbaik dan mereka memberi penghargaan tertinggi. Ini hanya sebagian kecil dari seabreg trik dan strategi baik dari sudut pandang seorang CH dan dari sudut pandang seorang desainer. Saat kita dikecewakan sama kontes locked coba evaluasi dulu, apakah kita udah memilih kontes yg tepat? apakah kita udah menjalankan strategi mengikuti kontes dengan benar? dan disamping itu tentunya ini adalah faktor luck, faktor yg gak bisa diprediksi... Kita orang Indonesia, percaya kan kalo rejeki itu udah diatur, jadi jangan takut untuk berkembang, jangan cuma berpatokan bahwa desain generic pasti menang akhirnya cari CH yg suka dengan generic logo... silakan aja! tapi bukankah lebih baik kalo desain kita non-generic tapi tetap sering menang?? dari sini kita udah bisa memilah mana CH yg cerdas dan mana yg gak. Lagi-lagi ini pilihan enaknya hati kita masing-masing aja :D ini kebebasan kita memilih. Cuma harus hati-hati... karena desain generic meskipun dimenangkan oleh CH tapi gak dibenarkan oleh 99D karena mereka selalu memantau. Mereka punya aturan sendiri. Dan kita harus tunduk pada aturannya kalo kita memilih bergabung di web mereka. Jadi boleh dibilang sebenarnya 99Designs lah yg raja, bukan CH... hehehe.... salam desain.. semoga bermanfaad.... 
Aturan Berkomentar: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar