Skip to main content

5 Strategi Mengikuti Kontes di 99Designs Kekurangan dan Kelebihannya


Banyak jalan menuju Roma kata orang, banyak jalan untuk menang dalam sebuah persaingan sehingga banyak strategi yang bisa dilakukan untuk itu. Lalu, strategi seperti apa yang kita pilih?. Berikut akan saya berikan strategi-strategi yang biasa para kontestan lakukan

1. WATCH AND LEARN/PLAY SAFE 

Mengamati dan mempelajari adalah strategi yang paling umum digunakan oleh kontestan. Biasanya seorang desainer melakukan “watching” sebuah kontesnya dulu sebelum submit entry. Kontes yang dipilih adalah kontes yang baru saja dibuka, misalnya entry yang masuk baru satu sampai 3 karya. Tujuannya menunggu feedback dari CH terhadap entri yang sudah masuk duluan dan lanjut mengupload karya yang lebih baik.

Kelebihan: 

Cara ini bisa menguntungkan karena kita bisa tau selera si CH sebelum karya kita masuk untuk dinilai berikutnya. Dengan memperhatikan karya yang udah masuk, desainer tinggal memikirkan ide lain dengan konsep yang mirip tapi lebih bagus untuk diupload.

Kekurangan: 

Saat CH ternyata memberi rate tinggi kepada karya yang udah duluan itu, sementara kita baru watching artinya kita harus bekerja keras memikirkan ide yang bisa membuat CH berpaling dari karya pertama yang disukainya dan memberi kita rate yang lebih tinggi dari sebelumnya itu. 

2. TRENDSETTER

Strategi ini digunakan dengan cara mencari kontes yang baru dibuka dan memasukkan karya secepat mungkin sebelum ada kontestan lain yg masuk. Dengan harapan bahwa pembuka pintu ini bisa membuat tren awal yg tujuannya jika ditiru akan jelas terlihat sehingga punya alibi untuk melaporkan karya peniru tadi. Berharap CH tak kan berpaling pada desain awal. 

Kelebihan :  

CH akan merasa lebih dihargai karena desainer yang masuk duluan lebih interest untuk mengikuti kontesnya. Biasanya CH akan langsung memberi feedback atau rate.

Kekurangan:

Cara ini justru membuat ide kita ditumpulkan oleh desainer selanjutnya jika desainer berikutnya punya ide yg jauh lebih baik daripada sebelumnya. Jika si desainer setelahnya bisa membuat CH berpaling, maka desain awal yg ratenya bagus akan perlahan tersingkir. 

3. THE SNIPER 

Desainer yang menggunakan strategi ini sengaja mengincar kontes yang waktunya sudden death alias waktu udah diambang habis. Ia akan berusaha masuk paling akhir dalam submit karya. Tujuannya ia tak perlu menunggu lama untuk masuk tahap final. Cukup dengan membaca brief dan membandingkan karya rate tertinggi sebelumnya. 

Kelebihan:

Cara ini cukup efektif dan tidak buang waktu, karena tidak perlu menunggu lama sampe tahap final. ASALKAN ide desain yang diberikan benar-benar bisa diperhitungkan untuk masuk final dan menjadi salah satu dari 6 desainer yg dipilih CH. Selanjutnya tinggal berjuang di final habis-habisan.

Kekurangan:

Kesempatan hanya punya sekali, artinya... jika karya yang disubmit paling akhir tadi dibuang oleh CH karena tidak memenuhi seleranya maka otomatis desainer itu tidak akan punya kesempatan untuk mengulang karya baru dengan ide yang lain. One shot only!

4. DESIGN BOMBER 

Ibarat memancing, lemparkan umpan sebanyak mungkin dengan jenis yang berbeda untuk gambling umpan mana yg akan dapat ikan paling besar. Strategi Ini disebut bom desain. Seorang desainer akan mengupload kurang lebih 10 karya sekaligus dengan tujuan memberi CH banyak pilihan desain dan berharap minimal 1 ide diterima oleh CH dengan rate bagus. 

Kelebihan: 

Oke, Kalo pas kena selera CH, 5 dari 10 karya tadi akan mendapatkan rate tinggi, dengan begitu desainer punya banyak senjata awal untuk menutup kemungkinan ada desainer yg akan meniru idenya tersebut. Ia akan melihat perkembangan tiap entri tersebut sampai CH memilih salah satu yang terbaik.

Kekurangan:

Ada tipe CH yang gerah akan cara ini, karena ia menganggap si desainer hanya asal aplot karya tanpa berpikir, dikarenakan ada CH yang menginginkan sebuah logo penuh konsep dan sesuai dengan tujuan perusahaannya itu. Oleh karena itu jangan heran kalo CH akan menghadiahkan paket eliminasi sekaligus.   

5. SHADOWMASTER

Shadow master biasa disebut juga peniru, tapi dengan cara yang lebih pintar. Desainer seperti ini selalu membayangi desain entri yang mendapatkan rate tertinggi, mencoba meniru konsep dan bentuknya tapi merubahnya sedikit atau menyempurnakannya. Berharap CH akan memberikan rate yg sama dan bisa menyingkirkan desainer aslinya.

Kelebihan:

Ia bisa melakukan cara ini jika bertemu dengan CH yg kurang memperhatikan atau tidak peduli dengan copycat desain. CH gak mau tau darimana asal desain tersebut selama itu lebih baik dan sesuai dengan seleranya maka akan diberinya rate yg bagus juga tentunya. 

Kekurangan: 

Cara ini beresiko dilaporkan oleh desainer lain jika tak hati-hati. Cara ini juga tidak berlaku pada CH yg berpegang pada pedoman originalitas adalah segalanya karena CH ingin setiap desainer punya ide yang jauh berbeda namun tetap punya konsep yang kuat di masing-masing entri.

Mungkin masih banyak strategi lain yang lebih jitu untuk memenangkan sebuah kontes. Jadi, strategi yang mana nih yg mau dipake ? tentunya semua tergantung situasi dan jenis karakter si CH....Semua strategi pasti ada kelebihan dan kekurangannya seperti yang saya sebutkan diatas. Biasanya sih, yang namanya strategi itu dirahasiakan oleh tiap desainer. Tapi gak ada salahnya juga kita sharing strategi masing-masing disini, mungkin aja ada dari member yg ingin bagi strateginya supaya kita yang pemula bisa ikut ngerasain dollar lebih cepat? hehe.... silakan! 

Apapun strateginya, just remember to play fair! ada kode etik tak tertulis diantara desainer dan mudah-mudahan kita tidak menyimpang dari itu dan tidak membuat desainer lain merasa dirugikan. Semua ada waktunya. Rejeki tak kan kemana! Selamat berkarya!
Aturan Berkomentar: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar