Saturday, June 1, 2019

Tips Menggabungkan beberapa Dokumen Ms.Word menjadi satu

Dalam pengetikan karangan ilmiah seperti makalah, laporan, skripsi, dan tesis biasanya kita membuat bagian-bagian bab terpisah dengan yang lain. Hal tersebut biasanya dilakukan agar dapat teridentifikasi masing-masing bagiannya. Namun pemisahan bagian-bagian tersebut akan merepotkan saat kita harus membuat daftar isi untuk karangan ilmiah yang kita buat. Kesulitan juga dirasakan oleh pembaca (dosen pembimbing misalnya) yang ingin membacadraft karangan ilmiah kita dalam bentuk softcopy. Alangkah lebih baik jika dokumen-dokumen yang terpisah tersebut kita gabungkan menjadi satu dokumen. Dengan demikian dapat mempermudah pembaca untuk membaca naskah softcopy kita. Selain itu pada saat kita akan mencetak dokumen tersebut kita tidak usah berkali kali meng-klik File à Print karena dokumen kita sudah dijadikan satu.

Penggabungan dokumen dapat dilakukan dengan cara manual yaitu dengan meng-copy-pastedokumen. Tapi kelemahan menggunakan cara tersebut adalah mengakibatkan documen hasilcopy-paste menjadi acak-acakan. Butuh ketelatenan untuk mengecek satu-persatu kesalahan yang terjadi.

Ada cara lain yang bisa dilakukan, yaitu dengan menggunakan fasilitas “Insert Subdocument” pada Ms.Word. Berikut adalah langkah langkah untuk menggabungkan beberapa dokumen dengan menggunakan fasilitas “Insert Subdocument”:

1.  Buka dokumen utama, misal BAB I. Kemudian letakkan kursor pada bagian paling akhir dokumen.




2.  Pilih menu View à Outline


3. Pilih Show Document à Insert pada tampilan Outline


4. Pada jendela Insert Subdocument pilih dokumen mana yang akan digabungkan dengan dokumen utama. Setelah itu klik Open.


5. Dokumen kini telah tergabung dengan dokumen utama. Setelah itu pilih Close Outline View. Cek dokumen hasil penggabungan.
6. Jika semua sudah beres, jangan lupa lakukan Unlink. Caranya dengan letakkan kursor pada subdokumen yang baru saja digabung. Kemudian pada Outline View pilih Unlink.


Proses Unlink harus dilakukan karena kalau tidak, dokumen yang digabung tersebut akan berubah menjadi sebuah Link.

Demikian tips menggabungkan dokumen. Semoga bermanfaat.

Load comments