Wednesday, June 29, 2016

Mengatur Tile Layar Start Windows 8 dalam Grup



Seperti telah diketahui, layar Start baru di Windows 8 menunjukkan tile hidup dari program yang terpasang dan built-in pada layar penuh. Anda dapat mengklik pada tile sebuah program untuk meluncurkan program tersebut. Yang menarik, Anda dapat menambah, menghapus, memindahkan, dan mengatur ukuran tile sesuai kemauan Anda. Tutorial ini akan berfokus pada bagaimana mengorganisasi beberapa tile dalam grup yang baru dan menamai grup tile tersebut. Hal ini bertujuan untuk mencari program lebih mudah dan cepat di layar Start.
Berikut silakan disimak cara untuk mengatur tile layar Start Windows 8 dalam sebuah grup dan menamai grup itu sesuai keinginan Anda:
1. Pergilah ke layar Start dengan menekan tombol Win. Klik dan tarik (drag & drop) sebuah tile yang ingin dimasukkan ke grup baru. Letakkan tile itu ke ruang kosong di layar Start dan Windows akan membuat grup baru. Seakrang Anda dapat melakukan drag & drop tile lainnya untuk diletakkan dalam satu grup.
2. Untuk menamai grup, klik pada ikon minus (-) atau dash kecil di ujung kanan bawah layar Start.
3. Layar Start akan ditampilkan di mode overview dimana tile ditampilkan sebagai ikon kecil. Anda juga dapat mengganti posisi grup tile, dengan cara melakukan drag & drop grup tile ke posisi yang diinginkan.
4. Untuk mengatur nama grup, klik kanan pada grup dan panel baru akan muncul di bagian paling bawah. Klik opsi “Name group” yang ada di panel.
5. Ketiklah nama yang diinginkan di boks teks yang muncul dan klik tombol Name. Lakukan proses yang sama untuk grup lainnya yang diinginkan.
6. Setelah selesai, klik dimana saja pada ruang kosong untuk kembali ke layar Start. Anda akan melihat nama-nama grup tadi.
7. Jika Anda ingin menghapus nama grup, ulangilah proses langkah di atas yang sama yang Anda ikuti untuk mengatur nama grup, namun ketika Windows menanyakan untuk mengatur nama grup, klik ikon silang (x) di boks teks, dan klik tombol “Name“. Nama grup akan dihilangkan.
Selesai. Keuntungan daalm membuat grup dan mengatur nama grup tile adalah dapat menolong Anda dalam mengorganisir tile di layar Start.

Load comments