Cara Membuat Paypal Dan Mencairkan Uangnya

Daftar Isi [Show]
Sebelum saya membahas lebih lanjut tentang cara membuat paypal dan cara mencairkan uangnya, saya akan mencoba menjelaskan sedikit tentang apa itu paypal. Paypal sendiri adalah suatu bank online/virtual yang telah diakui akreditasinya untuk melakukan transaksi online (bisa buat membayar secara online ataupun menerima pembayaran jika kamu seorang penjual online), jadi tidak seperti bank lokal pada umumnya yang hanya bisa digunakan untuk membayar disuatu negara (kecuali kartu kredit tentunya), paypal bisa digunakan untuk melakukan transakti diseluruh dunia.

Di kutip dari wikipedia, paypal itu adalah

"PayPal Inc. adalah perusahaan dalam jaringan yang menyediakan jasa transfer uang melalui surat elektronik, menggantikan metode lama yang masih menggunakan kertas, seperti cek dan wesel pos."

Jika kamu pengguna internet yang ingin bertransaksi online baik mengirim atau menerima uang, misalnya kamu memberi barang di ebay atau kalian membeli software, ebook, atau situs ecommerse lainya, kamu bisa memanfaatkan paypal sebagai alat transaksi yang aman dan terpercaya. 



Cara Membuat Akun Paypal


Membuat paypal itu GRATIS, tanpa dipungut biaya apapun, baik biaya pendaftaran maupun biaya bulanan. Saya akan membuat cara membuat akun paypal


1. Kunjungi situs paypal, kemudian klik daftar




2. Klik Memulai dipilihan Membeli Dengan Menggunakan Paypal (santai, pilihan ini merupakan pilihan personal, selain bisa untuk membeli juga bisa untuk menerima pembayaran kok)




3. Isikan data-datanya secara lengkap (sesuai biodata kamu ya, karena jika ada apa-apa dengan paypalmu, kamu bisa mengurusnya. Jika data kamu asal-asalan jika ada apa-apa susah untuk diurus). Jika sudah diisi tekan lanjutkan






Selanjutkan tekan Setuju dan Buat Rekening


4. Jika sudah punya kartu kredit, bisa langsung diisikan, jika belum bisa tekan pilihan Saya akan melakukanya nanti






5. Langsung saja tekan Buka Rekening anda






6. Konfirmasi alamat emailmu










7. Buka emailmu dan buka email dari paypal




8. Tekan Yes, this is my email






9. Tekan paypal saya 





Selamat akun paypalmu sudah jadi.


Langkah selanjutnya kamu harus mengaitkan bankmu ke paypal agar nantinya uang yang ada dipaypal bisa dicairkan



Cara Menambah Bank ke Paypal


1. Tekan menambahkan rekening bank (sebelah kiri bawah profil)


2. Klik Hubungkan Rekening Bank


3. Isi sesuai data bank kalian. (untuk kode bank bisa kalian lihat dengan menekan Apakah ini? )


Jika kalian menekan Apakah Ini?. maka akan muncul kode-kode dari berbagai bank.




4. Selanjutnya tekan simpan



5. Akun bank kamu sudah berhasil ditambahkan



6. Selanjutnya masuk email dan konfirmasi rekening bank kamu



Selamat. Kamu berhasil menghubungkan bankmu dengan paypal. Dengan begini kalian bisa melakukan pencairan/penarikan dari paypal ke bank lokal/ bank yang sudah kamu kaitkan dengan paypal tadi (Itu kalau kamu sudah punya dana di akun paypal ya.)


Cara Mencairkan/Menarik Uang di Paypal Ke Bank Lokal


Untuk bisa menarik uang di paypal, syarat minimal uang yang ada dipaypal adalah $10 ya.
Dulu memang untuk bisa melakukan penarikan dari paypal kalian harus melakukan verifikasi terlebih dahulu (dulu saya menggunakan jasa vcc), kalau belum melakukan verifikasi maka belum bisa. Untunglah sekarang sudah bisa menarik meski akun kamu belum diverifikasi. 

Untuk transaksi dibawah Rp1.500.000 kamu akan dikenakan biaya sekitar 16 ribu, jika diatas >Rp1.500.000 atau sekitar diatas $150 maka tidak akan dikenakan biaya transfer. Untuk rate dollarnya sendiri tergantung dari bank lokal masing-masing. Setahuku perbedaanya antara rate bank lokal dengan rate paypal berbeda 500 rupiah (ini yang mengakibatkan banyak orang lebih memilih menjual ke orang lain daripada menarik ke bank sendiri). 

Saya sarankan jika kamu ingin menarik uang mending hari senin-rabu karena hari sabtu dan minggu libur (tidak beroperasi). Sepengalamanku jika menarik hari senin, uang akan masuk kebank hari Rabu. Jika kamu menarik hari kamis (karena sabtu dan minggu libur) biasanya akan masuk ke bank hari senin.

Owh ya usahakan nama antara akun paypal dengan bank harus sama ya, jika tidak sama maka dipastikan pencairan uangnya akan gagal. Jika sampai gagal, dana akan dikembalikan ke akun paypal kamu tapi ada tapinya, kamu akan didenda sekitar 50ribuan lah. Sayang banget kan. Makanya nama antara akun paypal dengan akun bank harus sama, agar tidak terjadi kegagalan.

Langsung saja sekarang saya akan memberikan step by step bagaimana caranya mencairkan uang dari paypal ke bank lokal. Kebetulan saya baru saja menang dari salah satu kontes logo di 99designs



1. Langkah pertama kalian haruslah login ke paypal 





2. Tekan paypal saya



3. Setelah masuk keberanda paypal kamu, selanjutnya klik Tarik Dana (tepat dibawah uang paypal)



4. Jika sudah masukkan nominal yang ingin kamu tarik. Semisal saya ingin menarik $200. Selanjutya tekan Lanjutkan



5. Perikasa kembali apakah sudah benar, jika belum kamu bisa mengubahnya, jika memang sudah benar langsung saja tekan tarik sesuai dana kalian



maka akan ada pemberitahuan berhasil



6. Lihatlah email kalian, pasti ada pemberitahuan dari paypal yang intinya memberitahu jika paypal sedang mentransfer kerekening kalian.





7. Didashboard paypal pasti sudah ada pemberitahuan jika sedang ditransfer, dan uang kalian akan terpotong sesuai dana penarikan.






SELAMAT kamu sudah berhasil menarik uang dari paypal ke rekening bank kamu. Selanjutnya tunggu saja 2-4 hari kerja. Pasti statusnya dari menunggu menjadi tuntas (bisa dilihat jika kamu tekan dana penarikanya. Misalnya contoh punya saya -Rp2.588.946)

Semoga artikel ini membantu kamu ya. Jika ada pertanyaan bisa berkomentar dibawah. Jika merasa artikel ini berguna, silakan kamu share artikel ini.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar